Strategi Komunikasi Kepala Sekolah dalam Mensosialisasikan Program Kerja

Puri Rahmi Surachman, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. The principal as a leader certainly has a work program that has been designed to create a good school environment, and must socialize it to teachers who are under his leadership. In socializing the work program, principals need a communication strategy so that the message they want to convey can be received in accordance with expectations so that communication can be said to be effective. The purpose of this study was to determine the communication strategies used by the principals of SDN 022 Cicadas in disseminating their work programs to the teachers. To find out the communication strategies are seen from the stages of planning, organizing, actuating, controlling. The research method is using qualitative research method with a case study approach through interviews, observation, documentation, and literature studies. The results of this study that the stages of planning, organizing, actuating, contolling that were designed by the principal of SDN 022 Cicadas runs well, although there were some communication barriers experienced. However, it could still make the teachers run programs that had been socialized.

Keywords: Communications Strategy, Principal, Work Program, POAC

Abstrak. Kepala sekolah sebagai pemimpin tentu memiliki program kerja yang telah dirancang agar terciptanya lingkungan sekolah yang baik, dan harus mensosialisasikannya kepada guru yang berada di bawah kepemimpinannya. Dalam mensosialisasikan program kerjanya, kepala sekolah memerlukan startegi komunikasi agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan harapan sehingga komunikasi dapat dikatakan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan kepala sekolah SDN 022 Cicadas dalam mensosialisasikan program kerjanya kepada guru. Untuk mengetahu strategi komunikasi yang digunakan dilihat dari tahapan planning, organizing, actuating, controlling. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa tahapan planning, organizing, actuating, contolling yang di rancang oleh kepala sekolah SDN 022 Cicadas berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa hambatan komunikasi yang dialami.namun tetap dapat membuat guru-gurunya menjalankan program yang telah disosialisasikan.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepala Sekolah, Program Kerja, POAC


Keywords


Strategi Komunikasi, Kepala Sekolah, Program Kerja, POAC

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Harun, H. Rochajat. 2008. Komunikasi Organisasi. Bandung: CV. Mandar Maju.

Iriantara, Yosal, & Usep Syaripudin. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi : Perspetif, proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Moleong, Lexy J.. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi : Sebuah analisis Teori dan praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Terry, George R., dan Rue, Leslie W..Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo.




Flag Counter