Promosi Dalam Elektronic Word Of Mouth pada Posting

M Andara Nazar Munazar, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract.  Promotion is an important thing in the marketing strategy of a product and service, the development of technology and information makes promotion very necessary for a company and agency to increase sales figures. Promotions in the use of social media that is growing rapidly is one of the places to fulfill various information needs, including electronic word of mouth. Instagram, as one of the social media, is known to be effective in the spread of electronic word of mouth. This writing is done to find out how the promotion in electronic word of mouth contained in the post (image, caption, Hastag and comments) Instagram account 7Weddingconcept. This method uses quantitative research with the type of descriptive research using content analysis techniques with sample postings as many as 15. This study attempts to find out how promotions in e-wom elements in Instagram posts and find out the frequency of occurrence of the largest WOM e elements. The results of Instagram 7 wedding concept posting have e WOM elements, concern of others in the picture and hastag of 33.33%, Expresing Positive Feelings in 53.33% images, Venting Negative Feelings 6.66%, Platform Assistence in hastag and 46.66% comments, and Helping the Company on Hastag 46.66%.

Keywords: promosi, electronic word of mouth, instagram

Abstrak. Promosi merupakan hal yang penting didalam strategi pemasaran sebuah produk dan jasa, perkembangan teknologi dan informasi membuat promosi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan maupun instansi untuk meningkatkan angka penjualan. Promosi dalam  Penggunaan media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tempat untuk memenuhi berbagai kebetuhan informasi, termasuk juga electronic word of mouth. Instagram, sebagai salah satu media sosial, diketahui secara efektif dalam penyebaran electronic word of mouth. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Promosi dalam Elektronic Word Of Mouth yang terdapat dalam Posting (Gambar,Caption, Hastag dan Komentar) akun Instagram 7Weddingconcept. Motode ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis isi dengan  Sample postingan sebanyak 15. penelitian ini berusaha untuk mencari tahu bagaimana promosi dalam element e wom dalam postingan Instagram serta mengetahui frekuensi kemunculannya element e WOM paling besar. Hasil menunjukan postingan Instagram 7 wedding concept memiliki element e WOM yang meliputi Concern of Others pada gambar dan hastag sejumlah 33.33%,  Expresing Positive Feelings pada gambar 53,33%, Venting Negative Feelings 6.66%, Platform Assistence pada  hastag dan komentar 46.66%, dan Helping the Company pada hastag 46.66%.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Instagram


Keywords


Electronic Word of Mouth, Instagram

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




Flag Counter