Efektivitas Event Premium Starlight Member Game Mobile Legend untuk Menarik Minat Beli Voucher Game

Agung Musthofa, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Game is a game that uses electronic media, is an entertainment in the form of multimedia that is made as attractive as possible, the game aims to entertain, usually games are preferred by children - adults. Mobile Legend is a MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) mobile game that is played in teams with 5 vs 5 gameplay. Where this game is required in the game performed by 5 people in one team, making this game interesting to play. Mobile Legend is said to be the most popular mobile game in 2017. Especially among Teenagers Rancaekek Kencana, Bandung. The population used in this study were adolescents of Rancaekek Kencana. The samples taken in this study were 50 respondents through online questionnaire distribution (via Google Form). The sampling technique uses Cluster Random Sampling techniques. The research results show several sub-variables of the AISAS theory, which have 5 sub-variables which can complement and can state that with 5 concepts that meet the criteria required by the researcher.

Keywords: Mobile Legent, Starlight Member Event, Buying Interest, Aisas Theory

Abstrak. Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin, Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Mobile Legend merupakan game mobile bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dimainkan secara tim dengan gameplay 5 vs 5. Di mana game ini diharuskan dalam permainanya dilakukan oleh 5 orang dalam satu tim sehingga membuat game ini menjadi menarik untuk dimainkan. Mobile Legend  disebut-sebut sebagai game mobile paling popular sepanjang 2017. Khusunya di kalangan Remaja Rancaekek Kencana, Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja Rancaekek Kencana. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 50 responden melalui pembagian kuisioner secara online (melalui Google Form). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian menunjukan beberapa sub variabel dari teori AISAS, yang didalamnya mempunyai 5 Sub Variabel yang dapat melengkapi dan dapat menyatakan bahwa dengan 5 konsep yang memenuhi kriteria yang diperlukan oleh peneliti.

Kata Kunci : Mobile Legent, Event Starlight Member, Minat Beli, Teori Aisas


Keywords


Mobile Legent, Event Starlight Member, Minat Beli, Teori Aisas

Full Text:

PDF

References


A, Shimp,Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

J.Setiadi, Nugroho. 2008, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Kencana

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Benjamin Molan, Edisi Milenium. Jakarta:Prenhalindo

Purba, Amir dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan:Pustaka Bangsa Prss.

Sugiyama, Kotaro dan Andree, Tim (2011). The Dentsu Way. United States:

Dentsu Inc.

Rosyad, Udung Noor. 2011. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar” dalam Mimbar Vol. 27, No. 2, Desember 2011(hal. 213-224)




Flag Counter