Diferensiasi Usaha dalam Persaingan Pasar

Hanif Aji Nugroho, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstract, PT Pos Indonesia (Persero), which is a BUMN, established business differentiation by forming a subsidiary in 2013, which is engaged in the property business, namely PT Pos Properti Indonesia. This research was made to find out why business differentiation was formed and how the marketing process. The researcher used qualitative research methods with a case study approach. Data collection is done by interviewing people in credible PT Pos Properti Indoensia in this matter. From the results of the research that has been done, researchers obtain results regarding internal and external factors that drive property as business differentiation is established. Market competition and the development of technology and information are several factors that drive the formation of business differentiation. While for the marketing communication process, PT Pos Properti Indonesia uses word of mouth to market coworking space. Word of mouth becomes effective and targeted marketing communication in marketing the coworking space business field.

Keywords: Business Differentiation, Market Competition, Word of Mouth.

Abstrak, PT Pos Indonesia (Persero) yang merupakan BUMN mendirikan diferensiasi usaha dengan membentuk anak perusahaan pada tahun 2013, yang bergerak pada bidang bisnis properti yaitu PT Pos Properti Indonesia. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui mengapa diferensiasi usaha itu dibentuk dan bagaimana proses pemasarannya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai orang – orang dalam PT Pos Properti Indoensia yang kredibel dalam hal ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil mengenai faktor internal dan eksternal yang mendorong properti sebagai diferensiasi usaha yang didirikan. Persaingan pasar serta perkembangan teknologi dan informasi menjadi beberapa faktor yang menjadi pendorong terbentuknya diferensiasi usaha tersebut. Sementara untuk proses komunikasi pemasarannya, PT Pos Properti Indonesia menggunakan word of mouth untuk memasarkan coworking space. Word of mouth menjadi komunikasi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran dalam memasarkan bidang bisnis coworking space.

Kata Kunci: Diferensiasi Usaha, Persaingan Pasar, Word of Mouth

Keywords


Diferensiasi Usaha, Persaingan Pasar, Word of Mouth

Full Text:

PDF

References


Pearce II, John A., dan Robinson, Richard B. 2011. Strategic Management : Formulation, Implementation and Control, Twelfth Edition. New York : Mc Graw Hill

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane . (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Kesatu, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2006 “Tingkatan Produk Jasa” Theodore Levitt dalam buku “The Marketing Imagination”, Jakarta: PT. Salemba Empat.

Kasmir, Kewirausahaan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012) Cetakan ke-7

Sumber lain :

Amelia, Aning Sofyan. 2017. Hubungan antara Electronic Word of Mouth dengan Minat Beli Konsumen. Vol.3, No.2, Agustus 2017. Diambil dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7331/pdf

(10 Januri 2019)




Flag Counter