Bauran Komunikasi Pemasaran Ayam Geprek Pangeran Kota Bandung

Muhammad Ikhwan, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. The dynamics of the development of marketing communication in the digital era at this time have several alternative media in its implementation. One of the media used as a means of marketing a product is Instagram. One of the business actors who carried out promotional activities through Instagram media was Ayam Geprek Pangeran, Bandung City. The promotional post via Instagram by Ayam Geprek Pangeran is inseparable from the increasingly competitive restaurant business competition, causing restaurant managers to strive to choose the right strategy to attract as many consumers as possible. The purpose of this study was to determine how the marketing mix applied by geprek prince bandung chicken. Prince bandung geprek chicken has many advantages starting from the quality of the product, the right price, strategic place, and promotion through Instagram because it is a media that can affect the audience. In this study researchers used several relevant theories, namely: Communication, Marketing Communication and Marketing Mix. The results of this study indicate that the selling price of products based on production costs coupled with profits adjusted to competitors and consumer desires, location selection is done so that products are available in the target market, forms of promotion through Instagram media are carried out by uploading photo products of menu products and product quality adjusted to Ayam Geprek Pangeran’s vision and mission.

Keywords: Marketing, Marketing Mix, Ayam Geprek Pangeran

Abstrak. Dinamika perkembangan komunikasi pemasaran di era digital pada saat ini memiliki beberapa alternatif media dalam pelaksanannya. Salah satu media yang digunakan sebagai sarana komunikasi pemasaran suatu produk adalah Instagram. Salah satu pelaku usaha yang melakukan kegiatan promosi melalui media Instagram adalah Ayam Geprek Pangeran Kota Bandung. Postingan promosi melalui instagram yang dilakukan Ayam Geprek Pangeran tersebut tidak lepas dari persaingan bisnis restoran yang semakin kompetitif, sehingga menyebabkan pengelola restoran berupaya keras dalam memilih strategi yang tepat untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran yang diterapkan oleh ayam geprek pangeran bandung. Ayam geprek pangeran bandung memiliki banyak keunggulan mulai dari kualitas produk, harga yang sesuai, tempat yang strategis, dan melakukan promosi melalui Instagram karena merupakan media yang dapat mempengaruhi khalayak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : Komunikasi, Komunikasi Pemasaran dan Bauran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual produk berdasarkan biaya produksi ditambah dengan profit yang disesuaikan dengan pesaing dan keinginan konsumen, pemilihan lokasi dilakukan agar produk tersedia di target pasar, bentuk promosi melalui media Instagram yang dilakukan dengan mengunggah konten foto produk menu dan kualitas produk disesuaikan dengan visi dan misi Ayam Geprek Pangeran.

Kata Kunci: Pemasaran, Bauran Pemasaran, Ayam Geprek Pangeran


Keywords


Marketing, Marketing mix, Ayam Geprek Pangeran

Full Text:

PDF

References


Anne Ratnasari, 2017. Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Jurnal Inter Komunika Volume II No 2.

Armstrong dan Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Armstrong, dan Kotler 2003. Dasar–dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan†Jakarta : Indeks Gramedia.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Fandy Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Yogyakarta ; Penerbit. Bayumedia Publishing.

Handayani, Tri. 2012. Bauran Pemasaran. Edisi 12, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

M Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18952

Flag Counter   Â