Pengaruh Jokowi dalam #JKWVLOG "Cerita Sneakers" terhadap Keputusan Pembelian Produk NAH Project

Sarah Chairunnisaa, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Currently, using internet is a way to communicate and seek information is increasing, especially for Indonesian people. Indonesian people spend more time through social media platforms that contain vlogs on Youtube. Vlog trends in the digital world today are not just for entertainment but can be used by the public to become information-seeking media, especially regarding the products and services they will use. Public can also choose to see various types of vlog reviews regarding the products or services they want to use, also choose to get a review of which vlogger can provide them with the information they need. Vlog trend was also followed by the President of Republic Indonesia, Mr. Joko Widodo, who shared his daily activities through the vlog. One of the videos uploaded by Mr. Jokowi is #JKWVLOG "Story of Sneakers" which tells the experiences of using NAH Project products. Based on source of credibility theory, this research aims to determine the effect of trustworthiness, expertise, and attractiveness Mr. Jokowi in #JKWVLOG "Story of Sneakers" on purchasing decisions of NAH Project products. This research method is quantitative with simple linear regression analysis techniques. Research data was obtained from questionnaires are distributed to NAH Project consumers who watched #JKWVLOG "Story of Sneakers" as a population. Sampling technique uses in this research are simple random sampling technique. The results of this study which were analyzed using simple linear regression analysis showed that Jokowi in #JKWVLOG "Story of Sneakers" had a significant influence on the purchasing decisions of NAH Project products. Jokowi contribution in #JKWVLOG "Story of Sneakers" to NAH Project product purchasing decisions is 35,3% and the remaining 64,7% is influenced by other factors not examined in this study.

Keywords: Source of Credibility, Purchasing Decisions, Joko Widodo, NAH Project

Abstrak. Saat ini penggunaan internet sebagai cara untuk berkomunikasi dan mencari informasi semakin meningkat terutama bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu melalui platform media sosial yang berisikan vlog di Youtube. Tren vlog dalam dunia digital saat ini tidak hanya untuk hiburan semata, namun bisa dimanfaatkan oleh khalayak untuk menjadi media pencari informasi terutama terkait produk dan jasa yang akan mereka gunakan. Khalayak juga bisa memilih untuk melihat berbagai macam review vlog terkait produk atau jasa yang mereka ingin gunakan, serta memilih ingin mendapatkan review dari vlogger mana yang bisa memberikan mereka informasi yang dibutuhkan. Tren vlog inipun diikuti oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang membagikan aktivitas sehari-harinya melalui vlog tersebut. Salah satu video yang diunggah oleh Bapak Jokowi ini adalah vlog dengan nama #JKWVLOG “Cerita Sneakers” yang menceritakan pengalaman penggunaan produk NAH Project. Berlandaskan teori kredibilitas sumber, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trustworthiness (dapat dipercaya), expertise (keahlian), dan attractiveness (daya tarik) Jokowi dalam #JKWVLOG “Cerita Sneakers” terhadap keputusan pembelian produk NAH Project. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linear sederhana. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada konsumen NAH Project yang menonton #JKWVLOG “Cerita Sneakers” sebagai populasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini yang di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Jokowi dalam #JKWVLOG “Cerita Sneakers” memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk NAH Project. Adapun kontribusi Jokowi dalam #JKWVLOG “Cerita Sneakers” terhadap keputusan pembelian produk NAH Project sebesar 35,3% dan sisanya sebesar 64,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kredibilitas Sumber, Keputusan Pembelian, Joko Widodo, NAH Project


Keywords


Kredibilitas Sumber, Keputusan Pembelian, Joko Widodo, NAH Project

Full Text:

PDF

References


Ananda, Azka F dan Harimukti Wandebori. 2016. “The Impact of Drugstore Makeup Product Reviews byBeauty Vlogger on YouTube Towards Purchase Intention by Undergraduate Students in Indonesia”, dalamJournal International Conference on Ethicsof Business, Economics, and SocialScience. ISSN: 2528-617X (hal. 264-273).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, Jalaluddin. 2018. PsikologiKomunikasi. Bandung: Rosda.

Rizal, Adam. 2019. “Hasil Riset Pengguna Media Sosial di Indonesia, Ternyata Ada Peningkatan”, http://wartakota.tribunnews.com/2019/02/11/hasil-riset-pengguna-media-sosial-di-indonesia-ternyata-ada-peningkatan. Tanggal akses 2 Maret 2019 pukul 20.53 WIB.

Samani, M., & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarwan, U. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




Flag Counter