Negosiasi PT Persib Bandung Bermartabat Dengan Pihak Sponsor Utama

shaila latvia, Ike Junita T

Abstract


Salah satu perusahan yang melakukan negosiasi dengan baik adalah PT Persib Bandung Bermartabat, merupakan salah satu manajemen klub sepakbola yang terbaik di Indonesia dalam pengelolaan keuangan dan mempunyai banyak sponsor dibandingkan dengan klub sepakbola lainnya. Pada tahun ini PT Nissan Motor Indonesia (Datsun) menjadi sponsor utama. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang negosiasi PT Persib Bandung Bermartabat dengan pihak PT Nissan Motor Indonesia (Datsun) sebagai sponsor utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitian adalah tim negosiator PT Persib Bandung Bermartabat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim negosiator PT Persib Bandung Bermartabat sangat mempersiapkan strategi yang sudah dirancang sedemikian rupa berjalan dengan sukses untuk menggapai kepercayaan sponsor sepenuhnya untuk melakukan negosiasi dengan PT Nissan Motor Indonesia (Datsun) sebagai sponsor utama. Tahap-tahapan negosiasi yang dilakukan oleh tim negosiator PT Persib Bandung Bermartabat adalah tahap eksplorasi, tahap penawaran, tahap tawar-menawar, tahap penyelesaian dan tahap pengesahan. Hasil akhir dari negosiasi tersebut, dinilai telah menguntungkan kedua belah pihak yang menghasilkan sebuah kerjasama yang baik dan menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan yang ditandai dengan ditandatanganinya surat perjanjian MOU yang dibuat secara hukum.

Keywords


Negosiasi, PT Persib Bandung Bermartabat, Sponsor Utama.

References


Cohen, Herb.2005.Negosiasi Untuk Segala Situasi. Semarang: Dahara Prize.

Dawson, Roger. 2004. Secrets of Power Negotiating. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Djelantik, S. 2008. Negosiasi antara Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra AdityaBakti.

Kuswarno, Engkus. 2011. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Schoonmaker, Alan N. 1993. Memenangkan Negosiasi. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Scott, Bill. 1993. Strategi dan Teknik Negosiasi. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1873

Flag Counter   Â