Hubungan antara Kredibilitas Rachel Vennya Sebagai Influencer di Instagram dengan Sikap Followers

Dumasari Ulfah Ramadhani Siahaan, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract. Along with the development of the times, now telecommunications are playing a very important and strategic role in human life. Communicators must have credibility when talking through social media. The social media used for this research are Instagram. There are several influences as communicators on Instagram. One of them is Rachel Vennya as an influence on Instagram. What can attract the attention of researchers is Rachel, who has recently been happy to share her social care activities on Instagram.Rachel Vennya's credibility as an influence on Instagram with the attitude of followers. Credibility has several indicators, namely aspects of expertise, aspects of trustworthiness, aspects of attractiveness. Social care activities for natural disasters attract the attention of researchers in this study, researchers want to test and analyze whether there is a relationship between the credibility of Rachel Vennya as an influence on Instagram with the attitude of followers. From the title that the researcher has made, the problem can be formulated, "How is the Relationship between Rachel Vennya's Credibility as an Influence on Instagram With Attitude of Followers?" and researchers can determine the purpose of this study, namely 1) to test and analyze whether there is a relationship between aspects of expertise Rachel Van as influences on Instagram with Followers Attitude 2) To test and analyze the relationship between the trustworthiness aspects of Rachel Vennya as an influence on Instagram with Attitudes of Followers. 3) To test and analyze the relationship between the attractive aspects of Rachel Van as Influences on Instagram with Attitudes of Followers. The research methodology used is a quantitative method with a correlational study approach. The theory that will be tested in this study relates to the research title, namely the Source Credibility Theory. Data collection techniques in the study were distributing questionnaires, using library studies. The population and sample in this study are Instagram followers (@rachelvennya).

Keywords: Credibility, influencer, Followers Attitudes

Abstrak. Seiring dengan perkembanganya zaman, sekarang telekomunikasi memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan manusia. Komunikator harus memiliki kredibilitas ketika berbicara melalui media sosial. Media sosial yang di gunakan untuk penelitian ini adalah Instagram. Terdapat beberapa influencer sebagai komunikator di Instagram. Salah satunya adalah Rachel Vennya yang merupakan influencer di Instagram. Yang dapat menarik perhatian peneliti adalah Rachel Vennya akhir-akhir ini senang membagikan kegiatan peduli sosial di Instagram miliknya. Peneliti tertarik meneliti hubungan kredibilitas Rachel Vennya sebagai influencer di Instagram dengan sikap followers. kredibilitas memiliki beberapa indikator, yaitu aspek expertise, aspek trustworthiness, aspek attractiveness. Kegiatan peduli sosial terhadap bencana alam menarik perhatian peneliti dalam penelitian ini, peneliti ingin menguji dan menganalisa apakah terdapat hubungan antara kredibilitas Rachel Vennya sebagai influencer di Instagram dengan sikap followers. Dari judul yang telah peneliti buat dapat di ambil perumusan masalah yaitu “Bagaimana Hubungan Antara Kredibilitas Rachel Vennya Sebagai Influencer di Instagram dengan Sikap Followers?” dan dapat peneliti tentukan tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menguji dan menganalisis adakah hubungan antara aspek expertise Rachel Vennya sebagai influencer di Instagram dengan Sikap Followers, 2) Untuk menguji dan menganalisis adakah hubungan antara aspek trustworthiness Rachel Vennya Sebagai Influencer di Instagram dengan Sikap Followers. 3) Untuk menguji dan menganalisis adalah hubungan antara aspek attractiveness Rachel Vennya sebagain Influencer di Instagram dengan Sikap Followers. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Teori yang akan diujikan dalam penelitian ini berhubungan dengan judul penelitian yaitu Teori Kredibilitas Sumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah menyebarkan kuesioner, menggunakan studi kepustakaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah followers Instagram (@rachelvennya). Berdasarkan analisis inferensial, didapat hasil bahwa terdapat hubungan yang sedang antara aspek expertise, aspek trustworthiness, dan pada aspek attractiveness terdapat hubungan yang kuat dengan sikap followers. Dan secara keseluruhan hasil yang didapat bahwa terdapat Hubungan yang Kuat Antara Kredibilitas Rachel Vennya Sebagai Influencer di Instagram dengan Sikap Followers.

Kata Kunci: Kredibilitas, Influencer, Sikap Followers

Keywords


Kredibilitas, Influencer, Sikap Followers

Full Text:

PDF

References


Azwar, Syaifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Flew, Terry. 2008. New Media: An Introduction (3rd Edition). South Melborn: Oxford University Press.s

Hovland, C.I., Janis, I.L. and Kelley, H.H.1953. Communication and Persuasion . New Have, CT: Yale University.

Kurniadi, Oji. 2001. Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Komunikasi. Volume 2, Nomor 2.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin dan Ibrahim, Idi. 2016. Metode Penelitian Komunikasi. Edisi Revisi Kedua. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Uchjana, Effendi Onong. 2003. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




Flag Counter