Hubungan antara Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi dengan Keputusan Pembelian Produk Kurta pada Online Shop Samase

Avicena Reza Asyifa, Ike Junita T

Abstract


Abstract. The use of Instagram social media as a means of promoting a product is not strange to some companies and people who shop as part of consumers, especially among young people who are dominant towards innovative things by doing online shopping. Technological developments affect the way of communication, including the use of Instagram Social Media itself is an effective media of marketing a product. The number of online shops that provide a variety of products that can meet consumer needs, especially in the fashion sector. Therefore the company competes in utilizing social media as a media of promoting its products. One of the instagram user that is active in promoting its product is Samase. Samase who is an online shop in Bandung who introduced his Kurta product or koko shirt via Instagram social media. By utilizing Instagram social media as a media of promotion, it hoped that it can determine the decision making for consumers to buy Kurta products at Samase online shop. This research aims to find out whether there is a product of the relationship between Instagram social media and the decision to buy Kurta porduk at Samase's online shop. This research uses Markeing's Social Media theory from Hauer for Social Media, and the decision to buy Kurta Products at Samase's online shop with the indicators of the decision-making process, namely the buying decision theory from Philip Kotler and Keller. This research method uses correlational quantitative , a method used to examine the relationship between variables. In this study the indicator on variable (X) is Instagram social media and the variable (Y) is the purchase decision of Kurta products. The population of this study included 100 people in Jejak Sahabat at the Al-Kautsar Mosque in Bandung. Sampling uses Simple random sampling with Slovin formula and the sample obtained is 50 people. From this study, it shows that each indicator in each variable has a strong correlation or has a relationship. Instagram social media indicators, which are context, communication, collaboration and connection have a correlation with the indicators of purchasing decisions, which is buying decisions. Indicators of Variables (X) Instagram social media has a strong correlation with the variable (Y) buying decisions addressing the correlations of the decisive communication process from marketers to consumers in promoting their products and buying decisions for these products.

Keywords: Marekting Social Media, Social Media, Purchasing Decision

Abstrak. Penggunaan Media sosial Instagram sebagai sarana memprosikan suatu produk sudah tidak asing lagi untuk sebagian perusahaan dan masyarakat yang belanja sebagai bagian dari konsumen, terutama dikalangan anak muda yang dominan terhadap hal yang inovatif dengan melakukan perbelanjaan Melalui online. Perkembangan teknologi mempengaruhi cara komunikasi, termasuk penggunaan Media Sosial Instagram itu sendiri merupakan sarana yang efektif dalam memasarkan suatu produk. Banyaknya online shop yang menyediakan berbagai macam produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, terutama pada bidang  fashion. Maka dari itu tidak sedikit perusahaan yang berlomba – lomba dalam memanfaatkan Media sosial sebagai sarana mepromosikan produknya. Salah satu penggunaan Media sosial Instagram yang aktif dalam mempromosikan produknya yaitu Samase. Samase yang merupakan pelaku online shop di kota Bandung yang memperkenalkan produk Kurta nya atau baju koko Melalui Media sosial Instagram. Dengan memanfaatkan Media sosial Instagram sebagai sarana promosi,diharapkan dapat menentukan pengambilan keputusan terhadap konsumen untuk membeli produk Kurta pada online shop Samase. Penelitian ini bertujuan untuj mengetahui apakah terdapat produk hubungan antara Media sosial Instagram dengan Keputusan Pembelian porduk Kurta pada online shop Samase. Penelitian ini menggunakan teori Social Media Markeing dari Hauer untuk Media Sosial, dan keputusan pemebelian Produk Kurta pada online shop Samase dengan indikatornya dari proses pengambilan keputusan yaitu Keputusan membeli teori dari Philip Kotler dan Keller. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, metode yang digunakan untuk meneliti hubungan antara variabel. Pada penelitian ini indikator pada variabel (X) adala Media sosial Instagram dan yang menjadi variabel (Y) adalah keputusan pembelian produk Kurta. Populasi penelitian ini yaitu meliputi 100 orang dalam Majelis Jejak Sahabat di masjid Al-kautsar Bandung. Pengambilan Sampel menggunakan Simple random sampling dengan rumus slovin dan sampel yang didapatkan yaitu 50 orang. Dari penelitian ini, menunjukan bahwa setiap indiaktor pada masing – masing variabel memiliki korelasi yang kuat atau memilik hubungan. Indikator Media sosial Instagram yaitu context, communication, Collaboration dan connection memiliki hubungan dengan indikator Keputusan Pembelian yaitu keputusan membeli. Indikator dari Variabel (X) Media sosial Instagram memilik hubungan yang kuat dengan variabel (Y) keputusan membeli menujukan adanya hubungan proses komunikasi yang menentukan dari pemasar kepada konsumen dalam mempromsikan produknya dan keputusan membeli kepada produk tersebut.

Kata Kunci: Social Media Marekting, Media Sosial, Keputusan Pemebelian


Keywords


Social Media Marekting, Media Sosial, Keputusan Pemebelian

Full Text:

PDF

References


Diyatma, Aris Jatmika. 2017. “Pengaruh promosi melalui media social intagram terhadap keputusan pembeli produk saka Bistro dan Bar” e-Proceeding of Management: Fakultas Ekonomi & bisnis, Universitas Telkom Vol.4, No. 1 ( hal 176 ).

Indika, Deru & Jovita, Cindy. 2017. “ Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen “, dalam Jurnal

Bisnis Terapan Vol.01, No.1, 1 Juni 2017 ( hal 27).

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (CyberMedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen”. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Triwardhani, Ike Junita, Chaerowati, Dede Lilis. 2019. “Interpesonal Communication Among Parents and Children in Fishermen Village in Cirebon Indonesia” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication. Vol.2, No 35 ( hal 277-292)..




Flag Counter