Strategi PT.Telkomsel dalam Mempertahankan Brand Longevity

Wini Nurul Permana, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. Brand longevity has a very important role for a company in winning business competition. A strong and long-lasting brand can help consumers overcome confusion. Until now, Telkomsel brand is still known by the public. Even today, Telkomsel is the market leader in the telecommunications service industry with the highest number of customers amongst its competitors. Telkomsel is the first GSM mobile operator brand that offers kartuHALO postpaid services and prepaid GSM services. The purpose of this research is (1) to find out steps that PT. Telkomsel take to maintains brand longevity, (2) to find out what obstacle that PT. Telkomsel faced in maintaining brand longevity, and (3) to find out the efforts made by PT. Telkomsel in maintaining brand longevity. The method chosen by researchers to conduct research on brand longevity is a qualitative method with a case study approach. Research results from the strategy of PT. Telkomsel in maintaining brand longevity is (1) Telkomsel brand longevity was maintained by marketing strategy to eat porridge, brand recall strategy, and expansion strategy to overseas. The strategies carried out by Telkomsel are in line with the needs of its customers so that maintaining the emotional connection between Telkomsel and its customers. (2) obstacles found by PT. Telkomsel in maintaining brand longevity, that is competitors and technological developments, and (3) efforts made by PT. Telkomsel in facing the competitors and technological developments to maintain brand longevity is to create a product differentiation strategy by creating digital products.

Keywords: Brand, Brand Longevity, and PT. Telkomsel

Abstrak. Kelanggengan merek (brand longevity) memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis. Merek yang kuat dan bertahan cukup lama dapat membantu konsumen dalam mengatasi kebingungan. Sampai saat ini, merek Telkomsel masih dikenal oleh masyarakat. Bahkan saat ini pun, Telkomsel menjadi market leader di industri jasa telekomunikasi dengan jumlah pelanggan yang paling tinggi dari para pesaingnya. Telkomsel adalah sebuah merek operator selular GSM pertama di Indonesia yang menawarkan layanan pascabayar kartuHALO dan layanan GSM prabayar. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui langkah-langkah PT. Telkomsel mempertahankan brand longevity, (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan PT. Telkomsel dalam mempertahankan brand longevity, dan (3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh PT. Telkomsel dalam mempertahankan brand longevity. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian dari strategi PT. Telkomsel dalam mempertahankan brand longevity yaitu: (1) Brand longevity PT. Telkomsel dipertahankan melalui strategi marketing makan bubur, strategi brand recall, dan strategi ekspansi sampai ke luar negeri. Strategi-strategi yang dilakukan oleh Telkomsel ini selaras dengan kebutuhan pelanggannya sehingga menjaga hubungan emosional antara Telkomsel dengan pelanggannya. Hubungan emosional ini terjaga dengan baik dan dapat dipertahankan dari waktu ke waktu (longevity) membuat pelanggan menggunakan kembali jasa Telkomsel untuk jangka waktu yang panjang (longevity), (2) Hambatan-hambatan yang ditemukan oleh Telkomsel dalam mempertahankan brand longevity, yaitu pesaing dan perkembangan teknologi, dan (3) Upaya yang dilakukan oleh PT. Telkomsel dalam menghadapi pesaing dan perkembangan teknologi untuk mempertahankan brand longevity adalah membuat strategi differensiasi produk dengan menciptakan produk-produk digital.

Kata Kunci: Merek, Kelanggengan Merek, Dan PT. Telkomsel

Keywords


Merek, Kelanggengan Merek, Dan PT. Telkomsel

Full Text:

PDF

References


A, Shimp. Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta:Salemba Empat.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page

Kartajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group

Schultz, D.C., & Barnes, B.E. 1999. Strategic Brand Communication Campaigns.

Triwardhani, Ike Junita dan Lilis, Dede. 2018. Interpersonal Communication Among Parents and Children in Fishermen Village in Cirebon Indonesia, dalam Malaysian Journal of Communication, 35, 277-292




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18145

Flag Counter   Â