Strategi Komunikasi Akun Instagram @Kpopers.hijrah dalam Mengajak Kpopers untuk Berhijrah

Nadia Riskia W., Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. The development of new media is increasingly rapid. The users are also feel the benefit from the new media. One kind of new media is social media. Social media is currently useful for information dissemination. The use of social media to disseminate this information is used by one of the da'wah accounts on Instagram, Kpopers.hijrah. The Kpopers.hijrah account is an Instagram account that focuses on providing information to invite Kpopers to emigrate to a better way. In the process of delivering the information so that it can run effectively and get the final results accordingly, a communication strategy is needed. The purpose of this study is is (1) to find out the planning process for sending Kpopers.hijrah Instagram accounts in inviting followers to emigrate, (2) To find out the organizing process for Kpopers.hijrah Instagram account messages in inviting followers to emigrate, (3) To find out the process of sending Kpopers.hijrah Instagram account messages in inviting followers to emigrate, (4) To find out the monitoring process for sending Kpopers.hijrah Instagram account messages in inviting followers to emigrate, (5) To find out the obstacles that occur in implementing the communication strategy account Kpopers.hijrah Instagram in inviting followers to emigrate, and (6) To find out the reason behind choosing Instagram social media usage as a medium for disseminating information. The research method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. Some data collection techniques used are in-depth interviews with key informants and literature studies.

Keywords: Strategy Communication, Instagram, Better Way

Abstrak. Perkembangan media baru saat ini sudah semakin pesat. Penggunanya pun semakin merasakan manfaat dari media baru. Salah satu jenis media baru ialah media sosial. Media sosial saat ini berguna bagi penyebaran informasi. Pemanfaatan media sosial untuk menyebarkan informasi tersebut digunakan oleh salah satu akun dakwah dalam Instagram yaitu Kpopers.hijrah. Akun Kpopers.hijrah merupakan akun Instagram yang berfokus pada pemberian informasi guna mengajak Kpopers untuk berhijrah. Dalam proses penyampaian informasi tersebut agar dapat berjalan efektif dan mendapatkan hasil akhir yang sesuai, maka diperlukan strategi komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses perencanaan penyampaian pesan akun Instagram Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah, (2) Untuk mengetahui proses pengorganisasian penyampaian pesan akun Instagram Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah, (3) Untuk mengetahui proses pergerakan penyampaian pesan akun Instagram Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah, (4) Untuk mengetahui proses pengawasan penyampaian pesan akun Instagram Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah, (5) Untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan strategi komunikasi yang dilakukan akun Instagram Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah, dan (6) Untuk mengetahui alasan dibalik pemilihan penggunaan media sosial Instagram sebagai media penyebaran informasi. untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan akun Kpopers.hijrah dalam mengajak pengikutnya untuk berhijrah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara secara mendalam kepada key informan dan studi kepustakaan.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Instagram, Hijrah

Keywords


Strategi Komunikasi, Instagram, Hijrah

Full Text:

PDF

References


Listiani, Endri. 2019. “Makna Cantik Perempuan dalam Industri Budaya,†dalam Proceedings of the Social and Humaniora Research Symposium. Vol. 307, Maret 2019 (hal. 249-252).

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail Buku 1 Edisi 6. Salemba Humanika.

Morrisan. 2018. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Prenadamedia Group.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr. 2009. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta : Prenada Media Group.

Sukarna. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18103

Flag Counter   Â