Promosi Online pada Program Serbu Seru dalam Menambah Kunjungan Pengguna ke Situs Bukalapak

Muhamad Galih Rakasiwi, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Promotion is one of the important elements in running a company considering that one of its functions is to influence consumers to buy products from the company. Promotion can also be done online, namely various activities that are systematically aimed at marketing a product or service that is packaged in digital form. Online promotion must be effective in order to attract consumers to make purchases on the products offered. This will also affect consumers' interest in trying to consume these products, so producers will continue to be encouraged to make attractive advertisements and promotions in order to influence consumers to buy their products. One of the producers conducting online promotions to attract consumers is Bukalapak. The promotion carried out by Bukalapak is by holding the Fun Attack program. This online promotion can attract public interest in terms of the number of invaders listed by Bukalapak, which is 999+ for each item, so that the interest of the people who participate in this program is visible. The objectives of this study are: (1) to find out the forms of online promotion used by Bukalapak on the Fun Attack program; (2) to find out the use of media in the online promotion used by Bukalapak on the Fun Attack program; (3) to find out how important of online promotion used by Bukalapak’s Fun Attack program on increase user’s visit. The type of research used is qualitative with a case study approach. Sampling used is purposive with the data technique using interviews, observation, documentation, and literature study.

Keywords: Online promotion, Serbu Seru, Bukalapak

Abstrak. Promosi merupakan salah satu elemen penting dalam menjalankan perusahaan mengingat salah satu fungsinya ialah untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk dari perusahaan. Promosi juga dapat dilakukan secara online yaitu berbagai aktifitas yang secara sistematis ditujukan untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang dikemas dalam bentuk digital. Promosi online haruslah bersifat efektif agar dapat menarik minat konsumen agar melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini juga akan mempengaruhi minat konsumen untuk mencoba mengkonsumsi produk tersebut, maka dengan demikian produsen akan terus terpacu untuk membuat iklan dan promosi yang menarik agar dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produknya. Salah satu produsen yang melakukan promosi online untuk menarik minat konsumennya yaitu Bukalapak. Promosi yang dilakukan Bukalapak adalah dengan mengadakan program Serbu Seru. Promosi online ini dapat menarik minat masyarakat dilihat dari jumlah daftar penyerbu yang ditampilkan oleh Bukalapak yaitu 999+ untuk masing-masing barang, sehingga terlihat animo masyarakat yang mengikuti program ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk promosi online yang digunakan Bukalapak pada program Serbu Seru; (2) Untuk mengetahui penggunaan media dalam promosi online yang digunakan Bukalapak pada program Serbu Seru; (3) Untuk mengetahui seberapa penting promosi online bagi program Serbu Seru Bukalapak dalam menambah kunjungan pengguna. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampling yang digunakan yaitu purposive dengan teknik datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan.

Kata Kunci: Promosi online, Serbu Seru, Bukalapak


Keywords


Promosi online, Serbu Seru, Bukalapak

Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Fredi. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke-3. ANDI: Yogyakarta.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13, Jilid 1 dan 2.Jakarta: Erlangga.

www.bukalapak.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18021

Flag Counter   Â