Komunikasi Antar Pribadi Perusahaan dan Agen Distributor dalam Penjualan Produk

Maitsaa Salsabila Soedrajat, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Ina Cookies is a company that uses interpersonal communication to market its products. More than 26 years of experience in the pastry industry is Ina Cookies' main strength as a producer with the largest production capability and distribution network in Indonesia. This is related to one of the missions of Ina Cookies namely "Empowering people and the surrounding environment to improve the people's economy". Through this mission Ina Cookies hopes to be able to prosper the wider community by becoming one of the agents of Ina Cookies' distributor in order to be more independent and motivated to have their own business. The objectives of this study are: 1) maintain sales productivity, 2) To find out how the attitude of distributor agents in interpersonal communication with companies to maintain sales productivity, 3) To find out how the attitude of distributor agents in conducting interpersonal communication with companies to maintain sales productivity. The method used in this study is a qualitative method with a study approach. The results obtained from this study prove that: 1) communication that exists between companies and distributor agents is effective communication, so that distributor agents can maintain sales productivity, 2) interpersonal communication given gives a positive and negative impact, the positive is the attitude of loyalty and temporary negative tolerance, the rules made are not strict and the time they have is prioritized on distributor agents, 3) the reason the company uses interpersonal communication so that both parties can benefit, the benefits are maintained sales productivity and distributor agents can prosper their families, it can interpreted the mission of Ina Cookies went as expected.

Keywords: Interpersonal Communication, Product sales, Ina Cookies

Abstrak. Ina Cookies merupakan perusahaan yang menggunakan komunikasi antar pribadi untuk memasarkan produknya. Pengalaman lebih dari 26 tahun di industri kue kering merupakan kekuatan utama Ina Cookies sebagai produsen dengan kemampuan produksi dan jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Hal tersebut terkait pada salah satu misi dari Ina Cookies yaitu “Memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar guna meningkatkan ekonomi rakyatâ€. Melalui misi tersebut Ina Cookies berharap dapat mensejahterakan masyarakat luas dengan cara menjadi salah satu agen distributor Ina Cookies agar bisa lebih mandiri dan termotivasi untuk memiliki bisnis sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui komunikasi antar pribadi internal perusahaan dengan agen distributor dalam memelihara produktivitas penjualan, 2) Untuk mengetahui sikap agen distributor dalam melakukan komunikasi antar pribadi dengan internal perusahaan untuk memelihara produktivitas penjualan,  3) Untuk mengetahui sikap agen distributor dalam melakukan komunikasi antar pribadi dengan internal perusahaan untuk memelihara produktivitas penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa: 1) komunikasi yang terjalin antara internal perusahaan dengan agen distributor adalah komunikasi yang efektif, sehingga agen distributor dapat menjaga produktivitas penjualan, 2) komunikasi antar pribadi yang diberikan memberi dampak positif dan negatif, positifnya adalah adanya sikap loyalitas dan toleransi sementara negatifnya, aturan yang dibuat menjadi tidak ketat dan waktu yang dimiliki diprioritaskan pada agen distributor, 3) alasan internal perusahaan menggunakan komunikasi antar pribadi agar kedua belah pihak dapat diuntungkan, keuntungannya adalah produktivitas penjualan terjaga dan agen distributor dapat mensejahterakan keluarganya, hal tersebut dapat diartikan misi dari Ina Cookies berjalan sesuai harapan.

Kata Kunci: Komunikasi antar pribadi, Penjualan produk, Ina Cookies



Keywords


Komunikasi antar pribadi, Penjualan produk, Ina Cookies

Full Text:

PDF

References


Buku:

A W, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar Pribadi Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenamedia Group

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Soemanagara, R Dermawan. 2012. Strategi Marketing Communcation: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

Azhar. 2017. “Komunikasi Antar Pribadi: Suatu Kajian dalam Perspektif Komunikasi Islamâ€, dalam Jurnal Al-Hikmah Vol IX, No 14, Januari s/d Juni 2017 (hal 81-84)

Harahap, Rubyanata.et.al. 2018. â€Komunikasi Antar Pribadi Antara Reseller dengan Produsen Cantiqa Kemiriâ€, dalam Jurnal Komunikasi Vol 03, No 02, Desember 2018 (hal 03)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17896

Flag Counter   Â