Hubungan Tagline “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik” JD.ID dengan Minat Beli Konsumen di Kalangan Mahasiswa

Vebby Metha Fahreza, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. In the modern era now this emerging business marketplace which is highly dependent on advertising. Without advertising the manufacturer and distributor cannot sell the product, he must make the advertising activity. One of the emerging marketplace currently that is JD.ID. Along with the competition and selling online, JD.ID strives to build trust (the trust) as one of the online stores that can be trusted. For it JD.ID designed a tagline "so that the best the best option". The tagline aims to build on the perception of society Indonesia, that JD.ID is one of the online stores who can be trusted with delivering a wide range of the best choice for the consumer. So that this tagline is expected to build consumer interest to shop at JD.ID. This research examined "Whether there is a relationship of the tagline" So That the best Choice is the best "consumer purchase interest JD.ID among the students?". The purpose of this study is to see whether there is a relationship of the tagline "so That the best the best choice" JD.ID with consumer purchasing interest among students. This study uses the correlational method. The population in this study were students of the Islamic University of Bandung 2017 with a sample of 76 respondents. While the engineering data retrieval research conducted through a questionnaire (the spread of the now), interviews, and the study of librarianship. The results of this study indicate that Tagline "So  That the best Choice is the best" JD.ID has a positive effect on Consumer Purchasing Interests among Students of Islamic University of Bandung 2017. Thus, the results of the study prove that the JD.ID Tagline significantly influences Consumer Purchasing Interest in Students Communication Studies at Bandung Islamic University 2017.

Keywords: Marketing Communication, Tagline, JD.ID, Consumer Buying Interest.

Abstrak. Dalam era modern sekarang ini banyak bermunculan bisnis-bisnis marketplace yang sangat tergantung pada iklan. Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak dapat menjual produknya,maka ia harus melangsungkan kegiatan periklanan. Salah satu marketplace yang sedang berkembang saat ini yaitu JD.ID. Seiring dengan persaingan jual beli online, JD.ID berupaya membangun (trust) kepercayaan sebagai salah satu toko online yang dapat dipercaya. Untuk itu JD.ID merancang sebuah tagline “Jadi Terbaik itu Pilihan Terbaik”. Tagline ini bertujuan untuk membangun persepsi masyarakat Indonesia, bahwa JD.ID merupakan salah satu toko online yang dapat dipercaya dengan memberikan berbagai pilihan terbaik untuk para konsumen. Sehingga tagline ini diharapkan mampu membangun minat konsumen untuk berbelanja di JD.ID. Pada penelitian ini diteliti “Apakah terdapat hubungan tagline “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik” JD.ID dengan minat beli konsumen di kalangan mahasiswa?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan tagline “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik” JD.ID dengan minat beli konsumen di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Bandung 2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang. Sedangkan teknik pengambilan data penelitian dilakukan melalui kuesioner (penyebaran angket), wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tagline “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik” JD.ID berpengaruh positif dengan Minat Beli Konsumen di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandung 2017. Dengan demikian, bahwa hasil penelitian membuktikan bahwa Tagline JD.ID secara signifikan memengaruhi Minat Beli Konsumen Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung 2017.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Tagline, JD.ID, Minat Beli Konsumen


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Tagline, JD.ID, Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Bandung: PT Refika

Aditama

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumber lain:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/17/09/07/ovwnik-duh-kepuasan-konsumen-belanja-online-menurun,(diakses pada 17 maret 2018, pukul 21.00 WIB)

https://www.jd.id/, (diakses pada 21 Oktober 2018 pukul 14.05 WIB)

https://www.unisba.ac.id/index.php/id/unisba/sejarah, (diakses pada 21 Oktober 2018 pukul 14.09 WIB




Flag Counter