Hubungan antara Kualitas Pelayanan Daily Breu dengan Loyalitas Konsumen

Marcelina Febrian Rifis, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Currently, drinking coffee is a routine is mostly done by almost everyone. Indonesian society was aware that coffee consumption was to be with a very good service, hence, the taste of a cup of coffee will taste delicious. Quality of service is very important because in order to gain the trust of consumers. Consumers will demand companies to be able to provide a quality service. Because the number of coffee drinkers increases, it will lead to increased competition which becomes a challenge for employers coffee shop. The challenge is how to acquire and retain loyal customers. Consumer loyalty is very important for entrepreneurs who want to maintain the viability of its coffee shop business. One coffee shop located in the city of Bandung is the Daily Breu. The coffee shop is different from other coffee shops, where the Daily Breu has a simple yet comfortable. In addition, in the process of making a cup of coffee can be seen by the consumer directly, resulting in consuming products Daily Breu will taste delicious. The purpose of this study is to determine the relationship between service quality and customer loyalty Daily Breu. The method used in this research is quantitative method with the correlational approach. Data collection techniques used in the form of questionnaires and literature study. The population in this study is that consumers who've been to Daily Breu with a sample of 112 respondents.Results of the first study showed that there is a significant relationship between direct evidence Daily Breu and customer loyalty. Results of the second study showed that there is a significant correlation between reliability Daily Breu and customer loyalty. The results of a third study showed that there is a significant relationship between Daily Breu responsiveness and customer loyalty. The results of the fourth study showed that there is a significant relationship between Daily Breu assurance and customer loyalty. The results of the fifth research shows that there is a significant relationship between empathy Daily Breu and customer loyalty.

Keywords: Service quality, Consumers, Coffee shop, Consumer Loyalty

Abstrak. Saat ini, meminum kopi adalah rutinitas yang banyak dilakukan oleh hampir semua orang. Masyarakat Indonesia pun sadar bahwa mengonsumsi kopi itu harus dengan pelayanan yang sangat baik, karenanya, cita rasa secangkir kopi akan terasa nikmat. Kualitas pelayanan sangat penting karena agar mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. Para konsumen akan menuntut perusahaan agar mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Karena jumlah penikmat kopi yang semakin meningkat, maka akan menimbulkan peningkatan persaingan yang menjadi suatu tantangan bagi para pengusaha coffee shop. Tantangan tersebut adalah bagaimana mendapatkan dan mempertahankan konsumen yang loyal. Loyalitas konsumen adalah hal yang sangat penting bagi pengusaha yang ingin menjaga kelangsungan hidup usaha coffee shop nya. Hal ini membuat para pengusaha coffee shop berlomba-lomba memberikan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang terbaik, karena kepuasan pelanggan adalah hal yang akan berdampak pada loyalitas. Salah satu coffee shop yang terdapat di Kota Bandung adalah Daily Breu. Coffee shop ini berbeda dengan tempat coffe shop yang lain, dimana Daily Breu ini memiliki tempat yang sederhana namun tetap nyaman. Selain itu juga, dalam proses pembuatan secangkir kopi dapat disaksikan oleh konsumen secara langsung, sehingga dalam mengkonsumsi produk Daily Breu akan terasa nikmat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan Daily Breu dengan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung ke Daily Breu  dengan sampel sebanyak 112 responden. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bukti langsung Daily Breu dengan loyalitas konsumen. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keandalan Daily Breu dengan loyalitas konsumen. Hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara daya tanggap Daily Breu dengan loyalitas konsumen. Hasil penelitian keempat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara jaminan Daily Breu dengan loyalitas konsumen. Hasil penelitian kelima menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara empati Daily Breu dengan loyalitas konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Konsumen, Coffee shop, Loyalitas Konsumen


Keywords


Kualitas Pelayanan, Konsumen, Coffee shop, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.

Rachmad Hidayat 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.

Shimp. Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2000, Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset.

Rosyad, Udung Noor. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar.†Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 27, no. : 2 (2011): 213-224

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan terhadap Niat Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. No. 3 Jilid 10 2005, h. 153-165




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17352

Flag Counter   Â