Pengaruh Harga, Citra, dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Devendor Wedding Organizer

Muhamad Trizal Putra, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to analyze the effect of price, image and promotion on the decision to use Devendor Weddng Organizer services in the city of Bandung. This type of research is kuantitatif research. The samples in this study were 96 respondents from consumer who have used the services of Devendor’s Wedding Organizer. The sampling technique using simple random sampling. Methods of data collection by questionnaire. Data analysis using multiple regression analysis. The result showed that in the F test of regression conducted found that all variables that include price, image, and promotion simultaneously affect the decision to use Devendor Wedding Organizer services, while the result of the T test conducted that partially all variables affect the decision to use Devendor Wedding Organizer services, but only price variables that have little influence compared to image variables or promotion against Devendor Wedding Organizer service use decision.

Keywords: Price, Image, Promotion, Service Use Decision

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh harga, citra, dan promosi terhadap keputusan penggunaan jasa Devendor Wedding Organizer di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yang diambil dari konsumen yang telah menggunakan jasa Devendor Wedding Organizer. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji F regresi yang dilakukan ditemukan bahwa seluruh variabel yang meliputi harga,citra, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa Devendor Wedding Organizer. Sedangkan dari hasil uji T yang dilakukan bahwa secara parsial semua variable berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa Devendor Wedding Organizer, namun hanya variable harga yang memiliki pengaruh kecil dibandingkan dengan variable citra atau promosi terhadap keputusan penggunaan jasa Devendor Wedding Organizer.

Kata Kunci: Harga, Citra, Promosi, Keputusan Penggunaan Jasa


Keywords


Harga, Citra, Promosi, Keputusan Penggunaan Jasa

Full Text:

PDF

References


Alfigari.(2000). Analisis Regresi.Edisi ke dua. Yogyakata: BPFE

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Indriyanti. (2013).Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Buku Di Togamas Jl. Dr. Moewardi 21Solo. Skripsi. Solo: Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi,dan pengendalian Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler dan Keller.(2009), Marketing Manajemen, jilid 1.Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Prentice.

Purwati. 2012. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada Pt. Nusantara SolarSakti). Vol 2, No. 3. September 2012 : 260-277.

Pusposari, Anis. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Online Produk Busana Melalui Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Surakarta

Sekaran, Uma. (1992). Research Methods for Business, Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat

Sudjana. 1996.Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono.(2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D (Ed. ke-21). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy .2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Dharmesta & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta: Liberty.

Djaslim Saladin (2006), Manajemen Pemasaran, PT. Linda Kayra, Bandung.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2006). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran“Analisa perilaku konsumen“. Edisi pertama cetakan ketiga.BPFE - Yogyakarta, Yogyakarta

Sudjana,Nana.2000.Strategi Pembelajaran.Falah Production. Bandung

Kotler, 2000.Marketing Management, The Millenium Edition.Prentice HallInternational.

Sugiyono. 2008. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : ALFABETA

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi komunikasi, bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.




Flag Counter