Hubungan Brand Image Street Culture Coffee Bar dengan Keputusan Pembelian

Indy Melishawati, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Indonesia as one of the largest coffee producers in the world has an important role in global trade, namely the specialty coffee trade. The development of the specialty coffee trade is currently transforming into a cafe or coffee shop. Enjoying coffee in a coffee shop directly has become the lifestyle of today's Indonesian society. This is seen as a business opportunity by businessman and at the same time demonstrates conditions conducive to investing in the coffee industry; so that at this time many coffee shops have sprung up, not least in the city of Sukabumi. In this city coffee shops are increasingly mushrooming and increasingly showing their respective identities. But consumers today are also very critical in choosing a product until they finally arrive at the decision to purchase the product. Therefore, this study aims to determine whether or not there is a relationship between Brand Image Street Culture Coffee Bar which is a coffee shop pioneer in Sukabumi city with a purchase decision where the perception of the brand becomes a factor that can influence consumers in deciding to buy products. The research method chosen to achieve these objectives is a quantitative method with a correlational approach. The data in this study were obtained by distributing questionnaires to students who are members of the "Paguyuban Mahasiswa Sukabumi Unisba". The results of this study indicate that brand image and purchasing decisions have a positive and significant relationship with a correlation value of 0.438. Elements of the brand image variable consisting of corporate image, product image, and user image also show a positive and significant relationship with consumer purchasing decisions. From these results the researcher gave advice to the coffee shop to always maintain and continue to develop the image that they already have by way of better understanding the characteristics of their customers in order to form a brand image that is relevant to consumers.

Keywords: Brand Image, Corporate Image, Purchase Decision, Product Image, User Image

Abstrak. Indonesia sebagai salah satu Negara produsen komoditi kopi terbesar di dunia memiliki peran penting dalam perdagangan global yaitu dengan perdagangan kopi spesialti. Perkembangan perdagangan kopi spesialti saat ini bertransformasi menuju kafe atau kedai kopi. Menikmati kopi di kedai kopi langsung telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia masa kini. Hal ini di pandang sebagai peluang bisnis oleh para pelaku usaha sekaligus menunjukkan adanya kondisi yang kondusif dalam berinvestasi di industri kopi; sehingga saat ini banyak kedai kopi bermunculan, tak terkecuali di Kota Sukabumi. Di kota ini kedai kopi semakin menjamur dan semakin menunjukkan identitasnya masing-masing. Namun konsumen saat ini juga sangat kritis dalam memilih suatu produk hingga akhirnya sampai pada keputusan pembelian produk tersebut. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Brand Image Street Culture Coffee Bar yang merupakan pioneer kedai kopi di kota Sukabumi dengan Keputusan pembelian di mana persepsi akan merek menjadi faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk. Metode penelitian yang dipilih untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa yang tergabung dalam “Paguyuban Mahasiswa Sukabumi Unisbaâ€. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,438. Elemen dari variable brand image yang terdiri dari corporate image, product image, dan user image juga menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil tersebut peneliti memberikan saran kepada pihak kedai kopi untuk senantiasa menjaga dan terus mengembangkan citra yang telah dimiliki dengan cara lebih memahami karakteristik dari konsumennya agar dapat membentuk brand image yang relevan dengan konsumen.

Kata Kunci: Brand Image, Corporate Image, Keputusan Pembelian, Product Image, User Image



 


Keywords


Brand Image, Corporate Image, Keputusan Pembelian, Product Image, User Image

Full Text:

PDF

References


Buchari, Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Consuegra, Octavia Ibarra. 2006, own labels in the united kingdom : A Source of competetive advantage in real business. Pensamiento & Gestion. Universidad del norte, Barranquila Colombia. No.21,pp.114-161

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi ke-12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2014. Manajemen Pemasaran, jilid 1, edisi 13. Jakarta: Erlangga

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen, cetakan ke- 2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rosyad, Udung Noor. "Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar." Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 27, no. 2 (2011): 213-224.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17192

Flag Counter   Â