Hubungan antara Kualitas Pelayanan Kopi Balada dengan Keputusan Pembelian

Addiny Maisaroh, Anna Ratnasari

Abstract


Abstract. Kopi Balada is a coffee shop that was once just a small coffee shop in the city of Bandung. Over time, the owner of Kopi Balada changed his strategy by moving to a bigger place and improving the quality of service in the hope that it could be more attractive to the eyes of consumers and could encourage consumer purchasing decisions. The strategy run by Kopi Balada is still not certain to have worked well to encourage consumers to buy Kopi Balada products. Based on this phenomenon, this study aims to determine whether or not there is a relationship between service quality consisting of dimensions of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy provided by Kopi Balada with consumer purchasing decisions. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The research data was obtained from a questionnaire distributed to 91 consumers of Kopi Balada. The data collected was analyzed using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) program 25.0 for Windows. The results of this study indicate that service quality consisting of dimensions of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy provided by Kopi Balada has a positive and significant relationship with consumer purchasing decisions. The relationship between these variables belongs to a fairly strong relationship.

Keywords: Corelational, Purchase Decision, Quality Service

Abstrak. Kopi Balada merupakan kedai kopi yang dulunya hanyalah kedai kopi kecil di kota Bandung. Seiring berjalannya waktu pemilik Kopi Balada mengubah strateginya dengan berpindah ke tempat yang lebih besar dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan harapan dapat lebih menarik dimata konsumen dan dapat mendorong keputusan pembelian konsumen. Strategi yang dijalankan oleh Kopi Balada ini masih belum dapat dipastikan telah bekerja dengan baik untuk mendorong keinginan konsumen untuk membeli produk Kopi Balada. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang diberikan oleh Kopi Balada dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada 91 orang konsumen Kopi Balada. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang diberikan oleh Kopi Balada memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen. Hubungan diantara variabel-variabel tersebut tergolong pada hubungan yang cukup kuat.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Korelasional


Keywords


Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Korelasional

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adam, Muhammad. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Adam, Muhammad. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Ratnasari, Anne et al. 2015. “Implementasi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnisâ€, dalam Prosiding SNaPP2015 Sosial,Ekonomi,dan Humaniora, Vol 5. No.1.

Hery,2018. Pengantar Manajemen. Jakarta : PT.Grasindo

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta : Prenhalindo

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2014. Manajemen Pemasaran, jilid 1, Edisi 13. Erlangga

Nasution,2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia

Sumarwan, Ujang. 2017. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor : Ghalia Indonesia

Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Ritel:Strategi dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17190

Flag Counter   Â