Strategi Komunikasi Pemasaran pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO)

Assyifa Prima Gustina, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) or commonly called PT. KAI is a company that is in the field of transportation services, and is a State-Owned Enterprise (BUMN). In general, people now prefer to use railroad transportation, because to avoid congestion and waste long time. In addition, it is important for a company to know what is the trend in the community so that the company can precisely approach market segmentation. On the other hand PT. KAI is now trying to change the image or mindset of society towards the company because PT. KAI has a formal or rigid image so that it will be difficult for PT. KAI approaches the target. by changing the image of the company to be more modern, then PT. KAI can be the people's choice as a railroad transportation service company. for that we need a marketing communication strategy in changing the company's image.PT. KAI also continues to improve its services, so that customers feel satisfied and it will also increase customer loyalty. There have been many awards received by PT. KAI as a company with the best service. now PT. KAI tries to continue to innovate by making events based on the wishes of the community, especially in changing the image of the company PT. KAI must be able to keep up with the times and also technology.Overall marketing communication strategies are needed so that corporate goals can be achieved and the welfare of the company can be maintained. The marketing communication strategy also has a big influence on the feedback the company gets.

Keywords: PT. Kereta Api Indonesia, Transportation, Marketing Communication Strategy.

Abstrak.PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) atau yang biasa disebut PT. KAI adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi, dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Secara umum, orang sekarang lebih suka menggunakan transportasi kereta api, karena untuk menghindari kemacetan dan buang waktu lama. Selain itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui apa tren di masyarakat sehingga perusahaan dapat mendekati segmentasi pasar. Di sisi lain PT. KAI sekarang berusaha mengubah citra masyarakat terhadap perusahaan karena PT. KAI memiliki citra formal atau kaku sehingga akan sulit bagi PT. KAI mendekati target. dengan mengubah citra perusahaan menjadi lebih modern, maka PT. KAI dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai perusahaan jasa transportasi kereta api. untuk itu diperlukan strategi komunikasi pemasaran untuk mengubah citra perusahaan. PT. KAI juga terus meningkatkan layanannya, sehingga pelanggan merasa puas dan juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sudah banyak penghargaan yang diterima oleh PT. KAI sebagai perusahaan dengan layanan terbaik. Saat ini PT. KAI mencoba untuk terus berinovasi dengan membuat kegiatan berdasarkan keinginan masyarakat, terutama mengubah image perusahaan PT. KAI harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan juga teknologi. Secara keseluruhan strategi komunikasi pemasaran diperlukan agar tujuan perusahaan dapat tercapai dan kesejahteraan perusahaan dapat dipertahankan. Strategi komunikasi pemasaran juga memiliki pengaruh besar pada umpan balik yang didapat perusahaan.

Kata kunci: PT. Kereta Api Indonesia, Transportasi, Strategi Komunikasi Pemasaran

Keywords


PT. Kereta Api Indonesia, Transportasi, Strategi Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchory, dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Armstrong, Gary & Philip, Kotler. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing. Among Five Traditions.

Irawan, dkk. 1996. Pemasaran Prinsip dan Kasus Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Uyung, Sulaksana. 2007. Intergrated Marketing Communication. Jakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16905

Flag Counter   Â