Penggunaan Akun Instagram Menumbuhkan Minat Baca Karya Fiksi

Annisa Syifa Widianingtyas, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. In this new media era, everything anyone can do using social media. One social media that is currently in great demand is Instagram. Instagram itself serves to share photos, videos that can be used to establish relationships or relationships with fellow Instagram users. But recently, Instagram has been used as a tool to be able to introduce or promote something, such as what is done by one Instagram account, @Pengantara. @Pengantara shared information about Valerie Patkar's fictional work. This study aims to find out whether there is a relationship between the Instagram account @Pengantara and the interest in reading fiction works by Valerie Patkar. This study uses a quantitative correlational method through questionnaire techniques, observation, and literature study. The results of this study are that there is a significant positive relationship between Instagram accounts @Pengantara with the interest in reading Valerie Patkar's fiction with a tcount of 6.639. The strength of the relationship between these two variables is that there is a significant positive relationship between the characteristics of individual @Pengantara followers and the interest in reading Valerie Patkar's fiction with a tcount of 2,447. The strength of the relationship between these two variables is low. And there is a significant positive relationship between expectations and perceptions of followers towards @Pengantara with the reading interest of Valerie Patkar's fiction with a tcount of 9.181. The strength of the relationship between these two variables is strong and there is also a significant positive relationship between the level of followers' access to @Pengantara and the reading interest of Valerie Patkar's fiction with a tcount of 3,627. The strength of the relationship between these two variables is low.

Keywords: Social Media, Instagram, Reading Interest, Fiction Work

Abstrak. Di era media baru ini segala hal dapat semua orang lakukan dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini sedang banyak diminati ialah Instagram. Instagram sendiri berfungsi untuk berbagi foto, video yang dapat dimanfaatkan untuk menjalin relasi ataupun hubungan dengan sesama pengguna Instagram. Tetapi beberapa waktu kebelakang ini Instagram sudah dijadikan alat untuk dapat memperkenalkan ataupun mempromosikan sesuatu, seperti yang dilakukan salah satu akun Instagram yaitu @Pengantara. @Pengantara membagikan informasi mengenai karya fiksi Valerie Patkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara akun Instagram @Pengantara dengan minat baca karya fiksi Valerie Patkar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifkorelasional melalui teknik kuisioner, observasi,dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat hubungan positif yang signifikan antara akun Instagram @Pengantara dengan minat baca karya fiksi Valerie Patkar dengan nilai thitung sebesar 6.639. Kekuatan dari hubungan diantara kedua variabel ini ialah sedang lalu terdapat hubungan positif yang signifikan antara karakteristik individu followers @Pengantara dengan minat baca karya fiksi Valerie Patkar dengan nilai thitung sebesar 2.447. Kekuatan dari hubungan diantara kedua variabel ini ialah rendah. Dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara harapan dan persepsi followers terhadap @Pengantara dengan minat baca karya fiksi Valerie Patkar dengan nilai thitung sebesar 9.181. Kekuatan dari hubungan diantara kedua variabel ini ialah kuat dan juga terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat akses followers terhadap @Pengantara dengan minat baca karya fiksi Valerie Patkar dengan nilai thitung sebesar 3.627. Kekuatan dari hubungan diantara kedua variabel ini ialah rendah.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Karya Fiksi, Minat Baca


Keywords


Media Sosial, Instagram, Karya Fiksi, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Sendjaja, Djuarsa, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Saleh, E. 2004. Teknologi Pengolahan Susu dan Hasil Ikutan Ternak. Fakultas Pertanian:Universitas Sumatera Utara. www.digilib.usu.co.id. [Diakses 20 Maret 2019].

Yulianita, Neni, Nurrahmawati dan Tresna Wiwitan. 2017. Pemahaman Dosen Universitas Islam Bandung Tentang Makna Hoax Di Media Sosial Whatsapp. Jurnal Online (Di akses pada tanggal 15 Juli 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16586

Flag Counter   Â