Hubungan antara Promosi Penjualan Cremeria di Dee dengan Keputusan Pembelian Konsumen

Afifah Putri Pratiwi, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Cremeria di Dee is one of the gelato cafes in Bandung. Cremeria di Dee is a gelato cafe with an open space concept so visitors can feel comfortable staying in the cafe. The role of communication in marketing products is needed to build trust among consumers. With sales promotion, it is expected to change consumer behavior in seeing the products offered. Each consumer has a policy in evaluating and evaluating products offered by the company, while one of them is about problems in purchasing decisions. Based on this phenomenon, it is questionable in this study to be formulated as follows: (1) How big is the relationship between giving samples and purchasing decisions? (2) How big is the relationship between giving a coupon and a purchasing decision? (3) How much is the relationship between the price discount and the purchase decision? (4) How big is the relationship between the race and the purchasing decision? The researcher used the correlational analysis method using quantitative. The population chosen in this study was Cremeria di Dee consumers who purchased that is 1,000 people. With the technique of taking samples, the number of research samples is 91 people. Data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, and literature. The data analysis techniques used in this study are descriptive technical analysis and inferential analysis techniques. The results of this study are: (1) Having a relationship between Cremeria's sales promotion in Dee with a purchasing decision having a strong relationship of 0.758. (2) There is a relationship between giving samples in Cremeria di Dee with a significant amount of purchases of 0.675. (3) There is a relationship between giving a ticket at Cremeria di Dee with a purchase decision including having a strong relationship of 0.730. (4) There is a relationship between promotional price discounts at Cremeria di Dee with a significant purchase decision of 0.709. (5) There is a relationship between the race at Cremeria di Dee with a significant amount of purchases of 0.655.

Keywords: Sales Promotion, Consumers Purchasing Decision, Gelato, Cremeria di Dee

Abstrak. Cremeria di Dee merupakan salah satu cafe gelato yang berada di Kota Bandung. Cremeria di Dee merupakan cafe gelato dengan konsep open space sehingga para pengunjung dapat merasa nyaman untuk berdiam di cafe tersebut. Peran komunikasi dalam memasarkan produk suatu perusahaan sangat dibutuhkan agar dapat membangun kepercayaan di kalangan konsumen. Dengan adanya promosi penjualan diharapkan dapat merubah perilaku konsumen dalam melihat suatu produk yang ditawarkan. Masing-masing konsumen memiliki perilaku dalam menilai dan menanggapi produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, salah satunya yaitu perilaku dalam keputusan pembelian. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Seberapa besar hubungan antara pemberian sampel dengan keputusan pembelian? (2) Seberapa besar hubungan antara pemberian kupon dengan keputusan pembelian? (3) Seberapa besar hubungan antara promosi potongan harga dengan keputusan pembelian? (4) Seberapa besar hubungan antara perlombaan dengan keputusan pembelian?. Peneliti menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah konsumen Cremeria di Dee yang berjumlah 1.000 orang. Dengan teknik pengambilan sampeldiperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan antara promosi penjualan Cremeria di Dee dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat sebesar 0,758. (2) Terdapat hubungan antara pemberian sampel di Cremeria di Dee dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup berarti yaitu sebesar 0,675. (3) Terdapat hubungan antara pemberian kupon di Cremeria di Dee dengan keputusan pembelian termasuk memiliki hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,730. (4) Terdapat hubungan antara promosi potongan harga di Cremeria di Dee dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup berarti yaitu sebesar 0,709. (5) Terdapat hubungan antara perlombaan di Cremeria di Dee dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup berarti yaitu sebesar 0,655.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, Gelato, Cremeria di Dee

 


Keywords


Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, Gelato, Cremeria di Dee

Full Text:

PDF

References


Boyd, Walker dan Larreche. 2009. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Infobdg.com. Cafe Gelato Terkenal di Kota Bandung. Tanggal akses 21 Oktober 2018, pukul 19.00 WIB

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Penerjemah: Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Rahmattia, Deninna. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salseâ€.

Ratnasari, Hamdan, dan Julia. 2017. “Pengunaan Media Digital Online Sebagai Saluran Komunikasi Pemasaran Produkâ€.

Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung; Linda Karya.

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16482

Flag Counter   Â