AKULTURASI MUSIK METAL DENGAN BUDAYA LOKAL DALAM FILM DOKUMENTER “GLOBAL METALâ€

Noverdy Putra, H.O Hasbiansyah

Abstract


Akulturasi budaya merupakan interaksi yang terjadi ketika budaya yang berbeda bertemu, dengan karakteristik yang berbeda seperti norma, nilai, kepercayaan dan bahasa maka akulturasi budaya tak dapat dihindarkan. Isu ini diangkat dalam film dokumenter Global Metal, Sam Dunn, sang sutradara ingin melihat bagaimana musik metal yang lahir dari budaya barat berkembang di belahan dunia lainnya. Penggunaan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes, menghasilkan temuan pada makna denotasi, akulturasi yang terjadi antara musik metal dengan budaya lokal terlihat disaat berdampingannya simbol - simbol budaya lokal dengan simbol – simbol musik metal itu sendiri. Pada makna konotasi menggambarkan akulturasi yang terjadi disebabkan berbagai faktor, dengan berbagai latar belakang budaya lokal dari negara yang menjadi objek dalam film dokumenter ini. Pada tingkatan mitos yang terlihat dalam akulturasi dalam film dokumenter ini adalah mitos perlawanan dan pemberontakan atas dominasi.

References


Ardianto, Elvinaro. Komala, Lukiati. & Karlinah, Siti. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Danesi, Marcel. 2010. (Pengantar Memahami) Semiotika Media. Penerjemah: A. Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Jalasutra.

Holt, Fabian. 2007. Genre In Popular Music. Chicago: University of Chicago Press.

Liliweri, Alo. 2011. Dasar-dasar Komuikasi Antarbudaya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Phillips, William and Brian Cogan. 2009. Encyclopedia of Heavy Metal Music. London: Greenwood Press.

Samovar, Larry A, Richard E. Porter, Edwin R McDaniel.. 2012. Intercultural Communication: A Reader 13th Edition. Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.

Sihabudin, Ahmad. 2013. Komunikasi Antar Budaya. Jakarta: Bumi Aksara

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Sobur, Alex, 2009. Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Weinstein, Deena. 2000. Heavy Metal: The Music and its Subcultures. Cambridge: De Capo Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.162

Flag Counter   Â