Bauran Pemasaran Penyedia Jasa Wedding Photograpghy pada Akun Instagram @Hierosphoto

Achmad Faiz Usemahu, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. The Instagram @hierosphoto account is a wedding photographing service provider domiciled in the city of Bandung. The owner of this @hierosphoto Instagram account is Yusuf Maulana. This Instagram account is very helpful for people in capturing their wedding days. In marketing services that have an Instagram @hierosphoto account using 4 marketing mixes that is product, price, place, promotion. The purpose of this research is to find out how the mix of marketing services for Instagram accounts @hierosphoto, to find out how to use social media @hierosphoto Instagram accounts, and to find out why quality photos are the mainstay of marketing wedding photograpy services. The concept used in this research is the marketing mix on Instagram social media. The research method used is qualitative with a case study approach. The subject of this study was Yuauf Maulana, owner of the @hierosphoto Instagram account. Data collection techniques were carried out in this study with interviews and literature. The results of the marketing mix research used by the @hierosphoto Instagram account include various types of wedding photograpy provided, prices set according to the target market, locations that are used as very active production and promotion venues, supported by Instagram Business media features. This feature is used as a promotional medium and there are distinctive features that make photo quality the mainstay of marketing its wedding photographing services.

Keywords: Instagram @hierosphoto, Marketing Mix



Abstrak. Akun Instagram @hierosphoto merupakan penyedia jasa wedding photograpghy yang berdomisili di Kota Bandung. Owner dari akun Instagram @hierosphoto ini adalah Yusuf Maulana. Akun Instagram ini sangat membantu orang-orang dalam mengabadikan hari-hari pernikahan mereka. Dalam memasarkan jasa yang dimilikinya akun Instagram @hierosphoto mengunakan 4 bauran pemasaran yaitu Product(Produk), Price (Harga), Place Tempat, Promotion (Promosi). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaiaman bentuk bauran pemasaran jasa akun Instagram @hierosphoto, untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial akun Instagram @hierosphoto, dan untuk mengetahui mengapa foto yang berkualitas yang menjadi andalan utama dalam memasarkan jasa wedding photograpghy. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bauran pemasaran pada media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah Yusuf Maulana, owner akun Instagram @hierosphoto. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan wawancara dan kepustakaan. Hasil dari penelitian bauran pemasaran yang digunakan akun Instagram @hierosphoto sudah mencakup berbagai jenis-jenis wedding photograpghy yang disediakan, harga yang ditetapkan sesuai target pasar, lokasi yang digunakan sebagai tempat produksi dan promosi yang sangat aktif, dimana didukung dengan adanya fitur media Instagram Business. Fitur tersebut digunakan sebagai media promosi dan adanya ciri khas yang membuat kualitas foto yang dijadikan sebagai andalan utama untuk memasarkan jasa wedding photograpghy-nya.

Kata Kunci: Instagram @hierosphoto, Bauran Pemasaran


Keywords


Instagram @hierosphoto, Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Armstrong dan Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Armstrong, dan Kotler 2003. “Dasar – dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan” Jakarta : Indeks Gramedia.

Handayani, Tri.2012:6. Bauran Pemasaran. Edisi 12, Jilid 2. Jakarta Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15552

Flag Counter