Hubungan antara Tayangan “Beriman” TransTv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba

Nelsi Mauliza, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. With the presence of various types of TV shows, audiences often seek the information according to their individual needs. Informative TV shows can provide new knowledge to the public. "Beriman TransTV" is one of the informative shows that presents news about Islamic values. Programs that offer information about Islam can be the needs by various audiences, especially audiences who in their activities disseminate Islamic values, who is Unisba Da'wah Faculty. The purpose of this study was to determine the relationship between "Beriman TransTV" shows and student information needs. TV shows chosen by audiences are largely determined by the type of media, media content, media exposure, and social context. The method used in this study is a quantitative method with a Spearman rank correlation approach, which can test the relationship between two variables, which is "Beriman TransTV" shows with information needs. The researcher is using random sampling. The results of this study indicate that the four elements of the concept of media use are media type, media content, media exposure, and social context related to information needs.

Keyword: TV Programs, Tv Shows, Information needs

 


Abstrak. Dengan hadirnya beragam jenis tayangan, khalayak seringkali mencari informasi sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Tayangan TV yang bersifat informatif dapat memberikan pengetahuan baru kepada khalayak. Tayangan “Beriman TransTV” merupakan salah satu tayangan informatif yang menyajikan berita mengenai nilai-nilai Islam. Program yang menyuguhkan informasi mengenai Islam dapat menjadi tontonan yang diinginkan oleh berbagai khalayak terutama khalayak yang dalam  kegiatannya menyebarkan nilai-nilai Islam yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tayangan “Beriman TransTV” dengan kebutuhan informasi mahasiswa. Tayangan TV yang  dipilih khalayak sangat ditentukan oleh jenis media, isi media, terpaan media, dan konteks sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi rank spearman, yang dapat menguji hubungan antara dua variabel yaitu Tayangan “Beriman TransTV” dengan kebutuhan informasi. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat elemen dari konsep penggunaan media yaitu jenis media, isi media, terpaan media, dan konteks sosial berhubungan dengan kebutuhan informasi.

Kata kunci: Tayangan, Kebutuhan Informasi


Keywords


Tayangan, Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek Ardianto, Evinaro dkk. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi. Jakarta : Rineka

Azwar, S. 1986. Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Effendy, Uchjana Onong. Ilmu komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: Rosda

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Televisi Siaran Teori dan Praktek. Bandung, Mandar Maju

Martono, Nanang. 2010. Statistik Sosial: Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Sugiono, Prof. Dr. 2004. Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV ALFABETA

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Peterson, Theodore dkk. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta : Kencana

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia.

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/156/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15497

Flag Counter