Peran Abel Cantika sebagai Endorser dalam Memasarkan Produk Emina Cosmetics

Siska Diana Wahyuni, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Celebrity endorser is one way for a company to conduct marketing communication by advertising a product on the target market so that consumers understand the intent of the company launching a product and so that it will be addressed to whom. one of the domestic make up brands that is still counting on promotions by attracting Abel Cantika as a celebrity endorser of products offered by Emina Cosmetics. Abel Cantika himself is a celebrity (Instagram celebrity) with the name @ Abellyc account that has 643,000 followers, as well as a beauty vlogger who often gives tips on makeup tutorials. The purpose of this study is to find out whether Abel Cantika can perform its role as an endorser of the product well in terms of celebrity endorser indicators namely Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity of a celebrity endorser in marketing the product. The research methodology used in this research is Quantitative Descriptive Study. And the results of the research / conclusions are the Role of Abel Cantika as an endorser of Emina Cosmetics products already good. In the 5 (five) indicators that are the objectives of the study, Abel Cantika is already good in the perspective of the researcher and the audience.

Keywords: Marketing Communication, celebrity endorser.

Abstrak. Celebrity endorser menjadi salah satu cara sebuah perusahaan untuk melakukan komunikasi pemasaran dengan mengiklankan sebuah produk pada target pasar agar konsumen memahami maksud sebuah perusahan tersebut meluncurkan sebuah produk dan agar sampai produk tersebut ditujukan kepada siapa. salah satu brand make up dalam negeri yang terhitung masih baru melakukan promosi dengan menarik Abel Cantika sebagai celebrity endorser dari produk yang ditawarkan oleh Emina Cosmetics. Abel Cantika sendiri adalah seorang selebgram (selebriti instagram) dengan nama akun @Abellyc yang memiliki 643.000 followers, sekaligus seorang beauty vlogger yang sering memberikan tips tutorial make up. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Abel Cantika dapat melakukan peran nya sebagai endorser dari produk tersebut dengan baik ditinjau dari indikator celebrity endorser yaitu Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity seorang celebrity endorser dalam memasarkan produk. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Deskriptif Kuantitatif. Dan hasil penelitian / simpulannya adalah Peran Abel Cantika sebagai endorser produk Emina Cosmetics sudah baik. Dalam 5 (lima) indikator yang menjadi tujuan penelitian, Abel Cantika sudah baik dalam sudut pandang peneliti serta para audience.

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, selebriti endorser

Keywords


Komunikasi Pemasaran, selebriti endorser

Full Text:

PDF

References


Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Shimp, Terence, A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu . Jakarta: PT. Erlangga.

Shimp, Terence, A. 2007. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu . Jakarta: PT. Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15090

Flag Counter