Efektivitas Penerapan Sosial Media Marketing sebagai Sarana Promosi Prodigo Footwear

Firza Muhadi Saleh, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. Prodigo is a men's fashion company based retail and e-commerce utilizing social media in marketing and promoting its products. The role of social media in marketing is useful as a medium to promote the brand, and increase sales through a variety of digital marketing techniques. The purpose of this research is to know the effectiveness of the application of social media marketing as a means of promotion done Prodigo. This research uses a quantitative approach with a descriptive method. Population of 29,700 followers instagram Prodigo, a company based in the city of Bandung. Sample totalling 100 people selected respondents through Systematic Random Sampling techniques. The technique of data collection was done through questionnaires, interviews, and the study of the literature. Technique of data analysis consists of test validity and reliability tests.The results of the study show that the application of 4C social media marketing (context, communication, collaboration, and connection) done by Prodigo is quite good. Based on the results of the study, the application of the context or use of language and message content is in the good category. Application of communication or information delivery process is well done. The application of collaboration or a form of collaboration is done well. And the application of a connection or maintaining a relationship that is already established is quite good.     

Keywords: Promotion, social media marketing, the theory of the cognitive response, Prodigo


Abstrak. Prodigo merupakan salah satu perusahaan fashion pria berbasis retail dan e-commerce memanfaatkan media sosial dalam memasarkan dan mempromosikan produknya. Peran media sosial dalam pemasaran berguna sebagai media untuk mempromosikan merek, dan meningkatkan penjualan melalui berbagai macam teknik pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan sosial media marketing sebagai sarana promosi yang dilakukan Prodigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi berjumlah 29.700 followers instagram Prodigo yang berdomisili di Kota Bandung. Sample berjumlah 100 orang responden yang dipilih melalui teknik Systematic Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sosial media marketing 4C(context, communication, collaboration, dan connection) yang dilakukan Prodigo cukup baik. Berdasarkan dari hasil penelitian, penerapan context atau penggunaan bahasa dan isi pesan berada dalam dalam kategori baik. Penerapan communication atau proses penyampaian informasi baik dilakukan. Penerapan collaboration atau bentuk kerjasama yang dilakukan baik. Dan penerapan connection atau dalam memelihara hubungan yang sudah terjalin cukup baik dilakukan.                   

Kata Kunci : Promosi, pemasaran melalui media sosial, teori respon kognitif, Prodigo.


Keywords


Promosi, pemasaran melalui media sosial, teori respon kognitif, Prodigo.

Full Text:

PDF

References


Rosmawan, Ryan. 2016. Hubungan Penyajian Pesan Pada Situs Traveloka Dengan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Tiket Pesawat Dan Hotel.Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2015. Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: ANDI

Indika, Deru & Jovita, Cindy. 2017. “ Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen “, dalam Jurnal Bisnis Terapan Vol.01, No.1, 1 Juni 2017 ( hal 27)

IJ Triwardhani, WT Gartanti. 2018 . “Komunikasi Yang Mendukung Dalam Mengembangkan Kewirausahaan Industri Rumah Tangga Berbasis Ibu Rumah Tangga “. Dalam MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan Vol.34 No.1, Juni 2018

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14782

Flag Counter