Hubungan Video Review pada User Generated Content dengan Minat Beli Produk Xiaomi

Muhamad Titan Jalu Utama, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Indonesia is experiencing rapid growth of the technology industry. The potential of technology industry in Indonesia is very unlikely to be underestimated. Consumptive behavior of tens of millions of people in Indonesia is the reason why technology company in Indonesia will continue to grow. The number of technology companies entering the Indonesian market makes people who hungry for technology have many choices in determining the Gadget they want to have. The many types and also Brands of a technology company make people have to find out a lot of information about the types and also Brands of technology companies they want to buy. With the development of the era, there are many ways for people to find their needs for information about what Gadgets they want to have, one of them is by watching a review Video of the product the Youtube platform. Xiaomi is one of the technology companies, especially mobile phones that have just entered the Indonesian market. The method that used in this study is a quantitative research method using a correlational approach, which is actually a continuation of the descriptive method, in which the compiler will collect data, compile it systematically, factually and carefully. Correlational research is a study that looks at the relationship between one or several variables with one or several other variables. The main objective of correlational research is to help explain the importance of human behavior or to predict an outcome. Thus correlational research is sometimes descriptive because it describes the relationship between the variables studied. Based on the Uses and Gratification theory, this researcher has a purpose to find out the relationship of Video review on Youtube with the interest to buy xiaomi redmi note 5 products. The research method used in this research is a quantitative method with a correlational approach. The research data was obtained from a questionnaire distributed among Bandung regional of Mi Fans as a population. The sampling technique used was using simple random sampling technique. The results of this study which were analyzed using correlational analysis showed that all variables from the Video review had a significant relationship with a positive influence on interest in buying Xiaomi Redmi Note 5 products with sig values. 0.000> α 0.05.

Keywords: Electronic Word of Mouth, User Generated Content, Reviews Video, Xiaomi


Abstrak. Indonesia tengah mengalami pertumbuhan industri teknologi yang sangat pesat. Potensi industri teknologi di Indonesia sangat tidak dapat dipandang sebelah mata. Perilaku konsumtif dari puluhan juta orang di Indonesia menjadi alasan mengapa perusahaan teknologi di Indonesia akan terus berkembang. Banyaknya perusahaan teknologi yang masuk ke pasar Indonesia membuat masyarakat yang haus akan teknologi memiliki banyak pilihan dalam menentukan Gadget yang ingin mereka miliki. Banyaknya tipe dan juga merek dari sebuah perusahaan teknologi membuat masyarakat harus mencari tahu banyak informasi tentang tipe-tipe dan juga merek-merek perusahaan teknologi yang ingin mereka beli. Dengan berkembangnya zaman, banyak cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya akan informasi tentang Gadget seperti apa yang ingin mereka miliki, salah satunya dengan menonton Video ulasan tentang produk tersebut atau biasa kita sebut dengan Video Review di platform Youtube. Xiaomi adalah salah satu perusahaan teknologi khususnya telepon genggam yang baru masuk ke pasar Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode korelasional, yang sebenarnya kelanjutan dari metode deskriptif, yang dimana penyusun akan menghimpun data, menyusunnya secara sistematis, faktual dan cermat. Penelitian korelasional merupakan suatu penelitian yang melihat hubungan antara satu atau beberapa variabel dengan satu atau beberapa variabel yang lain. Tujuan utama penelitian korelasional yaitu menolong menjelaskan pentingnya tingkah laku manusia atau untuk meramalkan suatu hasil. Dengan demikian penelitian korelasional kadang-kadang berbentuk deskriptif karena menggambarkan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.(Yusuf, 2016:64). Dengan berlandaskan teori Uses and Gratification, peneliti ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan Video review di Youtube dengan minat beli produk xiaomi redmi note 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan di kalangan Mi Fans regional Bandung sebagai populasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan analisis korelasional menunjukan bahwa seluruh variabel dari Video review memiliki hubungan yang signifikan dengan pengaruh positif terhadap minat beli produk Xiaomi Redmi Note 5 dengang nilai sig. 0.000 > α 0.05.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, User Generated Content (UGC), Video Review, Xiaomi.


Keywords


Electronic Word of Mouth, User Generated Content (UGC), Video Review, Xiaomi.

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha, 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT.Rosdakarya.

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J. dan Marticotte, F. 2010. e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Dalam Journal of Administrative Sciences, Vol. 27 (hal. 5-23).

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K.P., Walsh, G. dan Gremler, D. D. 2004. Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Dalam Journal of Interactive Marketing, Vol. 18, No 1, (hal. 38-52).

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin., Lane. 2009. Manajemen Pemasaran edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenanda Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14652

Flag Counter