Hubungan antara Media Sosial Instagram @Kawasanwisatapunclut dengan Minat Kunjungan Followers (Studi Korelasional antara Media Sosial Instagram @Kawasanwisatapunclut dengan Minat Kunjungan Followers )

Isni Julia Runandar, Indri Rachmawati

Abstract


Abstact. Mass media and social media are currently using their paradigm which has become an important supporting tool in life for various urban community activities.  @Kawasanwisatapunclut on social media instagram is an account that utilizes the ease of social media. This originated from the trigger of a change in marketing media that became more effective and efficient, where most of the visitors (consumers) are currently so practical in finding information, entertainment, products that using Instagram as their media promotional for tourist, café and culinary destinations in Bandung. The purpose of this study is to find out the relationship between social media Instagram @Kawasanwisatapunclut with the interest of followers' visits. Where in this study, researchers will analyze the relationships that occur in users of social media that are used as a medium of interaction covering the delivery of promotions that influence their followers and create a sense of interest of visits. The theory in this study using  the AIDA Theory according to Kotler and Keller. AIDA's theory (Attention, Interest, Desire, and Action) is a message that must get attention, become an interest, and take an action. The researcher method used is the Quantitative Correlational Study method. The study was conducted in the city of Bandung on @Kawasanwisatapunclut’s Instagram account in the last 3 months started from May until July 2018. The data used are primary data with data collection techniques used, namely questionnaire techniques, interviews and documentation. Secondary data with data measurement techniques using Likert Scale Data .. Data analysis using descriptive data analysis and correlational data analysis, by testing the validity and reliability. The results obtained from this study are the results of the highest relationship on social media @Kawasanwistapunclut’s instagram on content indicators with followers' interest of visits on attention indicators, this can be known through the results of hypothesis testing with Spearman rank correlation test obtained correlation 0.433 with a significance of 0.000, the correlation result of 0.443 is in the interval 0.40 - 0.599 at the level of closeness which is quite strong and a significance value of 0.000 is smaller than 0.05 which means significant, it can be concluded that there is a fairly strong and unidirectional relationship between social media Instagram @Kawasanwisatapunclut’s comtent with attention , interest in followers 'visits, this indicates that followers' attention to visiting interest is influenced by assessments on like’s content, photos and videos on @Kawasanwisatapunclut’s instagram value by other followers, this indicates that the impact of post can be seen from the consumer response represented by  likes and comments. The most of likes and comments,  mostly response comes from consumers.

Keywords: Social Media, Interest of Visits , Followers , Instagram


Abstrak : Media massa dan media sosial saat ini penggunaanya telah membawa paradigma yang menjadi perangkat pendukung penting dalam kehidupan untuk berbagai aktivitas masyarakat urban. Media sosial Instagram @Kawasanwisatapunclut adalah salah satu akun yang memanfaatkan kemudahan media sosial. Hal ini berawal dari terpacunya pada suatu perubahan media pemasaran yang menjadi lebih efektif dan efisien, dimana sebagian besar pengunjung (konsumen) saat ini begitu praktis dalam mencari informasi, hiburan, produk yang memanfaatkan Instagram sebagai media pomosi mereka untuk destinasi wisata, café dan kuliner di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui Hubungan Antara Media Sosial Instagram @Kawasanwisatapunclut Dengan Minat Kunjungan Followers. Dimana dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis hubungan yang terjadi pada pengguna media sosial yang digunakan sebagai media interaksi mencangkup penyampaian pomosi yang mempengaruhi followersnya dan menimbulkan rasa minat kunjungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adalah Teori AIDA menurut Kotler dan Keller. Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) merupakan suatu pesan yang harus mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat, dan mengambil tindakan. Metode peneliti yang digunakan yaitu metode Kuantitatif Studi Korelasional. Penelitian dilakukan di kota Bandung pada akun Instagram @Kawasanwisatapunclut dalam waktu 3 bulan terakhir dimulai dari bulan Mei – Juli 2018. Data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner ,wawancara dan dokumentasi. Data sekunder dengan teknik pengukuran data menggunakan Data Skala Likert.. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data korelasional, dengan uji validitas dan reliabelitas. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu bahwa hasil hubungan tertinggi berada pada hubungan media sosial instagram @Kawasanwistapunclut pada indikator konten dengan minat kunjungan followers pada indikator attention (perhatian), hal ini dapat diketahui melalui hasil pengujian hipotesis dengan uji korelasi rank spearman didapatkan hasil korelasi sebesar 0.433 dengan signifikansinya sebesar 0.000, hasil korelasi 0.443 berada pada interval 0.40 – 0.599 pada tingkat keeratan yang cukup kuat dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat  dan searah antara konten media sosial instagram @Kawasanwisatapunclut dengan attention (perhatian)  minat kunjungan followers, hal ini menandakan bahwa perhatian followers terhadap minat berkunjung dipengaruhi oleh penilaian pada konten like, foto-foto maupun video yang diunggah pada media sosial instagram @Kawasanwisatapunclut yang telah diberikan penilaian oleh para followers lainnya, hal ini menandakan bahwa dampak dari suatu post dapat dilihat dari respon konsumen yang diwakili oleh like dan komentar tersebut. Semakin banyak jumlah like dan komentar maka semakin besar respon yang muncul dari konsumen.

Keywords: Media Sosial, Minat Kunjungan, Followers , Instagram


Keywords


Media Sosial, Minat Kunjungan, Followers , Instagram

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management. United States: Pearson Education.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Principles of Marketing. London: Pearson Education.

Lievrouw, Leah., Sonia, Livingstone 2006. Handbook of new Media: Social Shapling and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Simamora, B. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Referensi Karya Ilmiah dan Artikel Lain:

Tabitha E. Susanto, 2016. Pesan dan Respon dalam Proses Komunikasi Pemasaran Kafe Melalui Instagram. Diakses pada tanggal 15 April 2018. Pukul

Van Dijk. 2013. The Network Society. London: SAGE Publications. Diakses pada tanggal 2 Juli 2018. Pukul 21.17 WIB.

http://id.wikipedia.org/wiki/MediaSosial. Diakses pada tanggal 9 Juli 2018 . Pukul 19.25 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14485

Flag Counter