Hubungan Bauran Promosi Produk “Cakekinian” dengan Tindakan Pembelian Konsumen

Intan Putri Sofiani Sastrawiria, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. This study uses quantitative methods of the type of correlational research. The theory used is the Stimulus-Response Theory from Sniffman, Reasoned Action Theory of Ich Azjen and Martin Fishbein, and AIDDA Theory. The analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis using the Spearman rank formula. The sample from this study was 89 people from 806 consumers who were taken by simple random technique. Based on the results of the study, there is a strong relationship between the Cakekinian promotion mix and the purchasing decision at Ciwalk Bandung. Based on this, the researcher suggested that the advertising techniques carried out by Cakekinian can utilize the pop-up technique that is an ad that often appears when someone opens a particular website, then maximizes the "#" feature on Instagram by means of each post on the Instagram Arief Muhamaad slipping Cakekinian products in their daily lives, and giving bucket promotions so that consumers have the opportunity to experience all the flavors once bought.

Keywords: Promotional Mix, Stimulus-Response Theory, Reasoned Action Theory, AIDDA Theory, Cakekinian, Ciwalk Bandung, Purchase Decicions.


Abstrak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Teori yang digunakan adalah Teori Stimulus-Respon dari Sniffman, Teori Reasoned Action dari Ich Azjen dan Martin Fishbein,dan Teori AIDDA. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif serta analisi inferensial dengan menggunakan rumus rank spearman. Sampel dari penelitian ini adalah 89 orang dari 806 konsumen yang diambil dengan cara teknik acak sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang kuat antara bauran promosi Cakekinian dengan keputusan pembelian di Ciwalk Bandung. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyarankan agar teknik periklanan yang dilakukan oleh Cakekinian dapat memanfaatkan teknik pop-up yang merupakan iklan yang sering muncul ketika seseorang membukan website tertentu, memaksimalkan fitur “#”di instagram Cakekinan dengan cara setiap posting dalam instagram Arief Muhamaad menyelipkan produk Cakekinian dalam kehidupan sehari-harinya, memberikan promo bucket agar konsumen memiliki kesempatan untuk merasakan semua varian rasa sekali beli.

Kata Kunci: Bauran Promosi, Teori Tindakan Beralasan, Teori Stimulus Respon, Cakekinian, Teori AIDDA, Ciwalk Bandung, Keputusan Pembelian.


Keywords


Bauran Promosi, Teori Tindakan Beralasan, Teori Stimulus Respon, Cakekinian, Teori AIDDA, Ciwalk Bandung, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Bulaeng, A.R. 2002. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Salemba Empat. Jakarta,

,2004, Manajemen Pemasaran 2, Edisi. Milenium, Jakarta: PT. Ikrar Mandiri

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Swastha, Basu, DH dan T. Hani Handoko, 1984, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE

Skripsi:

Risfandi, Rahmat. 2010. Pemaknaan Iklan Rokok Djarum 76 Versi Terdampar. Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional Veteran




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14480

Flag Counter