Hubungan Brand Image dengan Loyalitas Pengguna Mobile Legends Bang Bang

Feisal Al Jabbar, M Rochim

Abstract


Abstract. Basically humans need communication. Humans need communication in order not to be isolated by itself, with human communication can interact with their environment. Humans need communication media to facilitate communication activities. Today the game is one of the communication media that is commonly used by the community. Game becomes a necessity in the middle of dense activities, the game not only as a means of entertainment but also establish communication. One game that is currently being used is Bang Bang Mobile Legends. In this study aims to analyze: (1) brand recognition relationship with user loyalty Mobile Legends Bang Bang; (2) brand reputation relationship with user loyalty Mobile Legends Bang Bang; (3) brand affinity relationship with Mobile Bang Bang Mobile's loyalty user; (4) brand domain relationship with Mobile Bang Bang Mobile's loyalty users. The method used in this study is a quantitative method with an explanatory approach, data collection techniques by distributing questionnaires, observations, literature studies and documents relevant to this study. This research was conducted at the Bang Bang Esport Mobile Legends event held by Bandung Millennial Connectivity at the Loop Station Bandung on June 9, 2018. The participant population was 82 people, and this study used total sampling to determine the sample of respondents. The concepts and theories used are Brand Image theory and Customer Loyalty. Based on the results of research known that: (1) brand recognition have a significant positive relationship in user loyalty; (2) brand reputation has a significant positive relationship in user loyalty; (3) brand affinity has a significant positive relationship in user loyalty; (4) domain brands have a significant positive relationship in user loyalty.

 Keywords: Brand Image, Costumer Loyalti, Mobile Legends Bang Bang.

 

Abstrak. Pada dasarnya manusia membutuhkan komunikasi. Manusia membutuhkan komunikasi agar tidak terisolir dengan dirinya sendiri, dengan komunikasi manusia dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Manusia membutuhkan media komunikasi untuk memperlancar kegiatan komunikasinya. Dewasa ini game merupakan salah satu media komunikasi yang lumrah digunakan oleh masyarakat. Game menjadi sebuah kebutuhan di tengah padatnya kegiatan, game tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga menjalin komunikasi. Salah satu game yang sedang ramai digunakan adalah Mobile Legends Bang Bang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hubungan brand recognition dengan loyalitas pengguna Mobile Legends Bang Bang; (2) hubungan brand reputation dengan loyalitas pengguna Mobile Legends Bang Bang; (3) hubungan brand affinity dengan loyalitas pengguna Mobile Legends Bang Bang; (4) hubungan brand domain dengan loyalitas pengguna Mobile Legends Bang Bang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, observasi, studi pustaka dan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada peserta event Esport Mobile Legends Bang Bang yang diadakan oleh Bandung Milenial Connectivity di Loop Station Bandung pada 9 Juni 2018. Populasi peserta adalah 82 orang, dan penelitian ini menggunakan total sampling untuk menentukan sampel respondennya. Konsep dan teori yang digunakan adalah teori Brand Image dan Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) brand recognition mempunyai hubungan signifikan yang positif dalam loyalitas pengguna; (2) brand reputation mempunyai hubungan signifikan yang positif dalam loyalitas pengguna; (3) brand affinity mempunyai hubungan signifikan yang positif dalam loyalitas pengguna; (4) brand domain mempunyai hubungan signifikan yang positif dalam loyalitas pengguna.

 Kata Kunci: Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Mobile Legends Bang Bang.


Keywords


Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Mobile Legends Bang Bang.

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, Syarif. 2013. Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Pelanggan IM3 Di Kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi.

Rosyida, Della Isna. 2018. Yura Yunita Sebagai Brand Ambassador Produk Matoa. Skipsi. Bandung : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14418

Flag Counter