Hubungan Kualitas Layanan Online Shop Brutal Brothers dengan Kepuasan Pelanggan (Studi Korelasional tentang Online Shop Brutal Brothers di Instagram)

Reza Rahmadhita, M Rochim

Abstract


Abstract. Customer satisfaction is one of the most important things, especially in buying and selling online. Today, consumers' interest in buying and selling online is growing rapidly and is very widespread. With the development of a very broad market and the opportunity to do business is very large, to be able to survive and compete in the market, entrepreneurs must provide satisfying services to consumers compared to other competitors. One of the actions to satisfy consumers is by providing the best service to consumers. The ease of choosing products and payment models that are all digital makes most people today prefer to shop at online stores rather than having to travel to offline stores and get out of the room. This study aims to find out how the quality of the Butal Brothers online shop service relates to customer satisfaction. The theory used by this research is Sunarto's theory of service quality. The research method used in this study is descriptive and correlational methods. Data analysis method used is quantitative analysis through multiple regression analysis and processed using SPSS 20 software. The overall results of this study are that the quality of the Brutal Brothers online shop service has a relationship with the satisfaction of its customers.

Keywords: Online Shop, Brutal Brothers, Service Quality and Customer Satisfaction.

 

Abstrak. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting, terutama dalam kegiatan jual beli online. Saat ini minat konsumen terhadap jual beli online sangatlah berkembang pesat dan sangat meluas. Dengan perkembangan pasar yang sangat luas dan peluang untuk melakukan bisnis pun sangat besar, untuk bisa bertahan dan bersaing di pasar, para pengusaha harus memberikan pelayanan yang memuaskan untuk konsumen dibanding pesaing lain. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Kemudahan untuk memilih produk dan model pembayaran yang serba digital membuat sebagian besar masyarakat saat ini lebih memilih untuk berbelanja di toko online ketimbang harus bepergian ke toko offline dan keluar dari ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kualitas layanan online shop Butal Brothers dengan kepuasan pelanggan. Teori yang digunakan oleh penelitian ini adalah teori Sunarto tentang kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan korelasional. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu melalui analisis regresi berganda dan diproses dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa kualitas layananan online shop Brutal Brothers memiliki hubungan dengan kepuasan dari para pelanggannya..     

Kata kunci : Online Shop, Brutal Brothers, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.


Keywords


Online Shop, Brutal Brothers, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cahyani, F. G. & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 3.

Fandy Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publising.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Mochamad Ridzky Arwiedya, 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media, Promosi Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia. Jurnal Ekonomi

Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas Pelayanan sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) Morodemak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No. 1 Mei 2006, hal 41-62.

Sunarto. 2003. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-UST

Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004. â€Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Duaâ€. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7, No. 1, h. 69-87

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Windasuri, H dan H. Susanti. 2017. Excellent Service The secret of Buiding a service Organisation. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan terhadap Niat Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. No. 3 Jilid 10 2005, h. 153-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14401

Flag Counter   Â