Hubungan Efektivitas Iklan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen

Savira Vania, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. The development of internet marketing or online advertising growing up fast in every sectors, including in culinary sector. As well as another sector, culinary sector that in Indonesia set as one of creative industry, now has growing up specially in advertising context. Instagram become new platform for entrepreneurs to market their product. Behind the rise of entrepreneurs that advertise their product in Instagram, there is Bandung Makuta, a newcomer company that engage in culinary sector that produce some fenomenal cakes. Bandung Makuta take places in Bandung city. It become intense in using Instagram as a media to advertise their product. This can be seen from the uploaded contents that put so much attention in quality, which aims to characterize an effectiveness in advertising. But how’s the relation between advertising effectiveness through Instagram account with consumer purchase intention ? This research answered that question. Specifically, its all about advertising effectiveness that describe through EPIC model as advertising effectiveness measuring instrument. EPIC model it self is an abbreviation from empathy, persuasion, impact, and communication. EPIC model used as a support variable (X) advertising effectiveness, meanwhile the variable supporter for (Y) purchase intention is four indicators from purchase intention, which are transactional intention, referential intention, preferential intention, and exploration intention. This research using quantitative method with correlation approching for testing if both of variables in this research relate for one another. The result of this research shows that : (1) empathy of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, (2) persuasion of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, (3) impact of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, and (4) communication of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention.

Keywords: Advertising, Instagram, Ad Effectiveness, Purchase Intention, Bandung Makuta.



Abstrak. Perkembangan internet marketing atau online advertising kian marak terasa disegala bidang, tidak terkecuali di bidang kuliner. Seperti halnya industri lain, industri kuliner yang di Indonesia ditetapkan sebagai salah satu industri kreatif, kini tengah melebarkan sayapnya, terutama dalam hal beriklan (advertising). Instagram menjadi platfrorm baru bagi para pegiat bisnis untuk memasarkan produknya. Dibalik maraknya pegiat bisnis kuliner yang ber-iklan melalui akun  Instagram, ada Bandung Makuta, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner dan memproduksi kue kekinian yang bertempat di kota Bandung. Bandung Makuta gencar dalam menggunakan Instagram sebagai media mengiklankan produknya. Setiap konten yang diunggah sebagai iklan di Instagram tentu memperhatikan semua aspek agar iklan tersebut menjadi efektif yang tujuannya agar produk laku keras. Namun bagaimanakah hubungan efektifitas iklan di Instagram dengan minat beli konsumen? Penelitian ini menjawab pertanyaan tersebut. Spesifiknya ini adalah sebuah penelitian mengenai efektivitas iklan yang dijabarkan melalui EPIC model sebagai instrumen atau alat ukur efektivitas iklan dan hubungannya dengan minat beli konsumen. EPIC model merupakan singkatan dari empathy, persuasion, impact, dan communication. EPIC model ini digunakan sebagai pendukung variabel (X) efektivitas iklan, sedangkan variabel (Y) minat beli didukung oleh indikator minat beli, yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dimensi empathy pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (2) dimensi persuasion pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (3) dimensi impact pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (4) dimensi communication pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Minat Beli, Bandung Makuta.

Keywords


Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Minat Beli, Bandung Makuta.

Full Text:

PDF

References


Durianto, D., Sugianto A.W Wijaya dan Supratikno, H. 2003. Inovasi Pasar derngan Iklan yang Efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Fourteenth Global Edition. 14 Edition. Pearson.

Kurniadi, Oji. 2005. Perempuan dalam Tayangan Iklan di Televisi. SK No. 56/DIKTI/Kep/2005. Mediator Unisba Vol. 8.

Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks.

Shiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007 Consumer

Behavior, 7 th Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta Penerbit Erlangga

Sule, E. T., dan Saefullah, K. 2010. Pengantar Manajemen Edisi 1. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2008. Metode Ramalan Kuantitatif untuk Perencanaan Ekonomi & Bisnis. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14379

Flag Counter