Analisis Event Marketing di Cafe Pascorner

Siti Indah Permata, O Hasbiansyah

Abstract


Abstract. Nowadays it is rapidly increasing, the restaurant or cafe business is one of the factors of economic growth nowadays. In the city of Bandung there are many cafes with a variety of uniqueness and facilities presented. Cafe Pascorner is one of the businesses in the culinary field located in the area of Bandung. Cafe Pascorner made a strategy to allow cafes to continue to grow and develop, Pascorner's cafes use events to attract consumers' attention, especially marketing events that become communication strategy concepts. Therefore, the researchers conducted a case study of event marketing that was applied by Pascorner's cafe, the formulation of the problem is "how is the marketing event as a strategy at the Pascorner cafe?" The purpose of this research is to find out about marketing activities managed by Cafe Pascorner, a music event that is a successful supporting marketing event at Pascorner cafe, an inhibiting factor and supporting the implementation of the marketing event at Pascorner cafe, and the reason for the marketing event being the manager's choice to introduce Pascorner cafe to the community. The method used is a qualitative method using a case study approach, the uniqueness of the case studies taken by Pascorner companies using event marketing as a communication strategy and discussion about employees and employees at Pascorner. This study uses the theory of interaction with the process of interaction between cafe employees in choosing, managing, and interpreting the marketing event as a communication strategy by using music events as symbols. The data used are primary data and interviews, while secondary data is documentation.

Keywords: Pascorner Cafe, Event Marketing, Marketing Communication Strategy, Symbolic Interaction Theory

 

Abstrak. Pertumbuhan bisnis saat ini meningkat dengan pesat, bisnis rumah makan atau cafe menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi saat ini. Di Kota Bandung terdapat banyak cafe dengan beragam keunikan dan fasilitas yang disajikan. Cafe Pascorner merupakan salah satu bisnis di bidang kuliner yang terletak di daerah Kota Bandung. Cafe Pascorner melakukan strategi komunikasi pemasaran agar cafe tetap tumbuh dan berkembang, Cafe Pascorner menggunakan event untuk menarik perhatian konsumen, khususnya event marketing yang menjadi konsep srategi komunikasi pemasarannya. Maka dari itu, peneliti melakukan studi kasus tentang event marketing yang diaplikasikan oleh Cafe Pascorner, rumusan masalahnya yakni “Bagaimana event marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran di Cafe Pascorner?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan event marketing yang dikelola oleh pihak Cafe Pascorner, event musik yang menjadi penunjang keberhasilan event marketing di Cafe Pascorner, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan event marketing di Cafe Pascorner, serta alasan event marketing menjadi pilihan pengelola untuk mengenalkan Cafe Pascorner kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, keunikan dari studi kasus yang diambil mengenai Cafe Pascorner menggunakan event marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran karena mengalami penurunan pendapatan serta menumbuhkan citra karyawan Cafe Pascorner. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik karena adanya proses interaksi antara karyawan Cafe Pascorner dalam memilih, mengelola, serta memaknai event marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan event musik sebagai simbol. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer berupa observasi dan wawancara, lalu data sekunder berupa dokumentasi.

Kata kunci: Cafe Pascorner, Event Marketing, Strategi Komunikasi Pemasaran, Teori Interaksi Simbolik.


Keywords


Cafe Pascorner, Event Marketing, Strategi Komunikasi Pemasaran, Teori Interaksi Simbolik.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Duncan, Tom, 2005, Principle Of Advertising and IMC, International Edition. Edisi Kedua, New York: McGraw Hill.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Getz, D. 1997. Event Management and Event Tourism. New York: Cogmzant Communications.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan kesatu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumber Lainnya

Ahmadi, Dadi. 2011.”Pemaknaan Hakikat Diri Akuntan Publik”, dalam Jurnal Mimbar Vol. 27, No. 2, Desember 2011 (hal 166).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14053

Flag Counter