Trend Jejaring Sosial Instastory di Media Sosial Instagram

R Rigia Larasati Riyadi, Anne Maryani

Abstract


Abstract. In this modern era, many companies are trying to bring new innovations in their fields, especially in Instagram social media. Instagram is very easy to use by its users because the features launched by the company are very interesting, such as Instagram story (instastory). Instastory is an acronym for Instagram Story, Instagram Story is a new innovative social network, where the Story has a feature that allows users to send photos and videos that disappear after 24 hours. Instastory social networking has become the latest trend phenomenon. Instastory social networks are very popular right now especially because users are getting bored with existing social networks. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. The purpose of this study was to find out the trends of institutional social networks on Instagram social media on @masukkampus, @infobdgcom, and @islamdiary accounts. This type of research is phenomenological study, data sources use informants or resource persons. Data collection techniques using interviews, observation, and literature study. The results of this study state that, the administrator for the admin officer of the online community is very important because it can present a short message in the form of information that can be delivered easily and quickly.

Keywords: New Media, CMC, and social media.

Abstrak. Di era yang modern ini, banyak sekali perusahaan yang berusaha memunculkan inovasi baru dalam bidangnya, terutama dalam bidang sosial media instagram. Instagram sangat dianggap mudah dipakai oleh para penggunanya karena fitur yang diluncurkan oleh perusahaan terserbut sangat menarik, seperti instagram story (instastory). Instastory adalah singkatan dari Instagram Story, Instagram Story adalah jejaring sosial berinovasi baru, dimana Story ini didalamnya memilki fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24 jam. jejaring sosial Instastory telah menjadi fenomena trend terkini. Jejaring sosial  Instastory sangat populer saat ini terlebih lagi di karenakan para pengguna sudah mulai bosan dengan jejaring sosial yang telah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui trend jejaring sosial instastory di media sosial instagram pada akun @masukkampus, @infobdgcom, dan @islamdiary. Jenis penelitian ini adalah studi fenomenologi, sumber data menggunakan informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, instastory bagi admin officer komunitas online sangat penting karena dapat menyajikan pesan singkat berupa informasi yang dapat disampaikan dengan mudah dan cepat.

Kata Kunci: Media baru, CMC, dan media sosial.


Keywords


Media baru, CMC, dan media sosial

Full Text:

PDF

References


Pujileksono, sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Instrans Publishing

Kuswarno, engkus. 2013. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran

Thurlow, Laura Lengel, Alice Tomic. 2004. Computer Mediated Communication, Social Interaction and The Internet. London: Sags Publications

Wood, Andrew F., Smith, Mattew J. 2005. Online Communication, Second Edition. London: Lawrance Erlbaum Associates, Publishers

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13746

Flag Counter   Â