Hubungan Pesan Kampanye Pilkada Jawa Barat 2018 di Sosial Media Instagram dengan Persepsi Mahasiswa

Meilita Trisnawati Adhani, Wulan Trigartanti

Abstract


Abstract. Instagram becomes one of social medias that was used by the Governor and Vice Governor candidates to do their political campaign activities in the 2018 local elections, one of the Governor and Vice Governor candidates that utilized Instagram as political campaign media is RidwanKamil and Uu Ruzhanul Ulum. The purpose of this study is to find out whether there is a relationship between the clarity of the content of the message, the completeness of the contents of the message, the reliability of the contents of the message with the perception of “Rindu†pair’s credibility. Communication theory that is used by the researcher is Componential Campaign Model.The method used in this research is correlational method. The research shows that there is a quite meaningful between the message campaign of the Governor and the Vice Governor candidate “RidwanKamil and UuRuzhanulUlum†on the social media Instagramand the perception of “Rindu†pair’s credibility.

Keywords: Campaign, Social Media, Componential Campaign Model.

Abstrak. Interaksi dan komunikasi praktis yang diusung media sosial menarik banyak para politisi untuk menaikan popularitas dan percitraan diri serta sebagai salah satu media alternatif untuk melakukan kampanye politik menjelang pilkada. Media sosial Instagram menjadi salah satu pilihan para cagub dan cawagub dalam melakukan aktivitas kampanye politik pada pilkada di tahun 2018 ini, salah satu kandidat Cagub dan Cawagub Pilkada Jawa Barat yang menggunakan Instagram sebagai media kampanye politik adalah Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan, keterpercayaan isi pesan dengan persepsi tentang kredibilitas pasangan “Rindu†. Teori komunikasi yang digunakan adalah Model Kampanye Komponensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional.Hasil akhir dari penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti pesan kampanye pasangan Cagub dan Cagub “Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum†di sosial media Instagram dengan persepsi tentang kredibilitas pasangan “Rinduâ€.

Kata Kunci: Aktivitas kampanye, Persepsi, Metode Korelasional.


Keywords


Aktivitas kampanye, Persepsi, Metode Korelasional.

Full Text:

PDF

References


Antar, Venus. 2004. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Heryanto, Gun Gun., Rumaru, Shulhan. 2013. Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

J. B. Wahyudi. 1994. Dasar-dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia.

Mulyana, Deddy. 2013. Komunikasi Politik Politik Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Soemirat, Soleh dan Ardianto. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Siahaan, S. M., 1991. Komunikasi Pemahaman dan penerapannya, Jakarta: Gunung Mulia.

Jurnal Ilmiah

Hirzi, Aziz Taufik. 2004. “Merancang Kampanye Pemilu†dalam Mediator Vol.5, No.1, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13744

Flag Counter   Â