Strategi Promosi Spinmerch

Muhammad Fauzi Akbar Surya Mulya, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract: Spinmerch is one of the distribution companies located in the city of Bandung. As time went on in January 2018 Spinmerch's compilation made per concept changes and used Instagram social media as a means of promotion. The purpose of this research was to study Spinmerch's promotion strategy as one of the Communication activities, to find out the implementation of Spinmerch's strategy as one of the activities, to find out Spinmerch's information using Instagram social media as one of the activities of Mobile Phones. To conduct research, the author uses qualitative methods. This type of research is more in depth to explore the meaning that is stored in front of social phenomena. Thus the research may provide relevant results because the data obtained is open. The details used in this study are case studies because this phenomenon occurs within a certain time limit and researchers about the process. From the research that has been done, researchers found a promotional planning strategy. Spinmerch is determining target targets according to the databases they have and determining the purpose of Spinmerch, namely introducing their products to consumers and potential consumers to be interested and make purchases. The aim is also to notify Spinmerch's new website and familiarize consumers to make purchases through the Spinmerch website. The implementation of spinmerch strategy uses advertising, direct marketing, sales promotion and interactive marketing strategies. The reason Spinmerch uses Instagram social media as one of the Development activities is the need for a target market based on database insight on Instagram.

Keywords: Promotion Model, Spinmerch

 

Abstrak: Spinmerch adalah salah satu perusahaan clothing distro yang berada di kota Bandung. Seiring berjalannya waktu di bulan Januari 2018 ketika Spinmerch melakukan pergantian konsep dan menggunakan sosial media Instagram sebagai sarana promosi nya. Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui perencanaan strategi promosi Spinmerch sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran, untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi Spinmerch sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran, untuk mengetahui alasan Spinmerch menggunakan media sosial Instagram sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran. Untuk melakukan penelitian mengenai proses negosiasi ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesny. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan perencanaan strategi promosi. Spinmerch adalah menentukan tujuan target sasaran sesuai database yang mereka miliki dan menentukan tujuan Spinmerch yaitu mengenalkan produknya kepada konsumen dan calon konsumen agar tertarik dan melakukan pembelian. Tujuan nya juga untuk memberi tahu website baru Spinmerch dan membiasakan konsumen untuk melakukan pembelian melalui website Spinmerch. Pelaksanaan strategi spinmerch menggunakan strategi advertising, direct marketing, sales promotion dan interactive marketing. Alasan Spinmerch menggunakan media sosial Instagram sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran adalah memenuhi kebutuhan target pasar yang berdasarkan database insight di Instagram.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Spinmerch


Keywords


Strategi Promosi, Spinmerch

Full Text:

PDF

References


Hermawan Agus, 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Tjiptono, Fandy dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit ANDI. Yogyakarta

Dede Lilis Ch. 2016. “Strategi Promosi Urban Coulture Melalui Media Sosial Instagram dalam Memperkenalkan Produkâ€.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13688

Flag Counter   Â