Hubungan antara Event Marketing dengan Loyalitas Konsumen Kereta Api

Aisyah Aisyah, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship between event marketing with railway consumer loyalty. The method used is correlational method. The population in this study is passengers Argo Parahyangan Bandung - Jakarta via counter. Sampling technique used is the category possible sampling with systematic technique. The relationship of event marketing with railway consumer loyalty, has a very strong relationship. The better the marketing event will be followed by the increasing loyalty of the train consumer. There is a strong relationship between entertainment event entertainment with consumer loyalty, it is necessary to maintain because rail consumers can enjoy, feel entertained, relieve saturation and fill their spare time while waiting for the train, the second is there is a strong relationship between excitement and consumer loyalty, as consumers are interested in seeing the event and are eager to participate, with its imaginative, unique and trendy concepts, the last is that there is a strong relationship between brave entertainment (entertainment) and consumer loyalty, this need to be maintained because it is bold to be different from others and able to attract rail consumers with an interesting concept and consumers get interesting information from the event.

Keywords: Event marketing, customer loyalty, correlational method, Railway

 

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang Argo Parahyangan Bandung – Jakarta via loket. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah kategori probably sampling dengan teknik sistematis. Hubungan event marketing dengan loyalitas konsumen kereta api, memiliki hubungan yang sangat kuat. Semakin baik event marketing yang dilakukan maka akan diikuti dengan semakin meningkatnya loyalitas konsumen kereta api. Diketahui terdapat hubungan yang kuat antara hiburan (entertainment) event marketing dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena konsumen kereta api dapat menikmati, merasa terhibur, menghilangkan rasa jenuh dan mengisi waktu luang ketika menunggu kereta, yang kedua adalah terdapat hubungan yang kuat antara ketertarikan (excitement) dengan loyalitas konsumen, karena konsumen tertarik melihat event tersebut dan merasa bersemangat untuk ikut berpartisipasi, dengan konsepnya yang imajinatif, unik dan trendy, yang terakhir adalah terdapat hubungan yang kuat antara berani usaha (entertainment) dengan loyalitas konsumen, hal ini perlu untuk di pertahankan karena berani untuk berbeda dari yang lain dan mampu menarik konsumen kereta api dengan konsepnya yang menarik serta konsumen mendapatkan informasi menarik dari adanya event tersebut.

Kata kunci: Event marketing, loyalitas konsumen, metode korelasional, Kereta Api


Keywords


Event marketing, loyalitas konsumen, metode korelasional, Kereta Api

Full Text:

PDF

References


Any, Noor. 2009. Management Event. Bandung: Alfabeta.

Belch, George E., Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Griffin, Jill. 2005. Custumer Loyalty Menumbuh dan Mempertahankan Kesetiaan Pelayanan. Jakarta: Erlangga.

Hoyle, Leonard. H. 2006. Event marketing: Cara Membuat Event Kebanjiran Pengunjung yang Tepat. Jakarta. PPM.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: LibertyYogyakarta.

Jurnal:

Hanggoro ,Yuristo Ardhi.2016. “Pengaruh Event marketing L.A Lights Campus League di Subaya Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Rokok L.A.Lightsâ€. Tesis. Surabaya: Universitas Airlangga.

Seta, Pambayun Menur. 2014. Strategi Komunikasi PT. Kaha Event Management dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13362

Flag Counter   Â