Hubungan antara Kredibilitas Raisa Andriana Sebagai Owner dengan Sikap Konsumen

Fatirahma Hernandini, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. Lately, there are many phenomena of public figures that maximize their potential by venturing into the business world. One that attracted the attention of researchers was Raisa Andriana who was originally famous as a singer and this time she had released a clothing line named Yay! By Raisa. One of the main keys of a public figure is that it can be measured through its credibility. Some credibility indicators, there are aspects of expertise, aspects of trustworthiness, and aspects of attractiveness. The purpose of this study, researchers want to test and analyze whether there is a correlation between credibility of a clothing line owner and the attitude of consumers. Then the researcher can determine the formulation of the problem, "How the Correlation Between Raisa Andriana Credibility As An Owner with Consumer Attitudes?", And researchers can determine problem identifications, 1)To find out is there a correlation between expertise of Raisa Andriana’s credibility as the owner with consumer attitude, 2)To find out is there a correlation between trustworthiness of Raisa Andriana’s credibility as the owner with consumer attitude, 3)To find out is there a correlation between expertise of Raisa Andriana’s credibility as the owner with consumer attitude. The research method used is a quantitative method with a correlational approach and the theory to be tested in this study is the Source Credibility Theory. Data collection techniques in this study are by distributing questionnaires, library studies, and interviews. The population and sample in this study are instagram’s followers of Yay! By Raisa (@yay_byraisa). Based on inferential analysis, the results show that there is a significant relationship between aspects of expertise, trustworthiness, and attractiveness with consumer attitudes and overall the conclusions of this research showed that there is a strong correlation between Raisa Andriana’s credibility as an owner with consumer attitude.

Keywords: credibility, source credibility, consumer attitudes

 

Abstrak. Dewasa ini, terdapat banyak fenomena public figure yang memaksimalkan potensi dirinya dengan merambah ke dunia bisnis. Salah satu yang menarik perhatian peneliti yaitu Raisa Andriana yang pada awalnya terkenal sebagai penyanyi dan kali ini ia telah release clothing line bernama Yay! By Raisa. Salah satu yang menjadi kunci utama dari seorang public figure yakni dapat diukur melalui kredibilitasnya. Beberapa indikator kredibilitas, yakni aspek expertise, aspek trustworthiness, dan aspek attractiveness. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin menguji dan menganalisa adakah hubungan antara kredibilitas yang dimiliki seorang owner clothing line dengan sikap konsumennya. Kemudian peneliti dapat mengambil perumusan masalah yaitu “Bagaimana Hubungan Antara Kredibilitas Raisa Andriana Sebagai Owner dengan Sikap Konsumen?”, dan dapat peneliti tentukan tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menguji dan menganalisis adakah hubungan antara aspek expertise Raisa Andriana sebagai owner dengan Sikap Konsumen, 2) Untuk menguji dan menganalisis adakah hubungan antara aspek trustworthiness Raisa Andriana sebagai owner dengan Sikap Konsumen, 3) Untuk menguji dan menganalisis adakah hubungan antara aspek attractiveness Raisa Andriana sebagai owner dengan Sikap Konsumen. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan teori yang akan diuji dalam penelitian ini yaitu Teori Kredibilitas Sumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner, studi kepustakaan, dan wawancara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram Yay! By Raisa (@yay_byraisa). Berdasarkan analisis inferensial, didapat hasil bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara aspek expertise, aspek trustworthiness, dan aspek attractiveness dengan sikap konsumen dan secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Hubungan yang kuat Antara Kredibilitas Raisa Andriana sebagai owner dengan Sikap Konsumen.

Kata Kunci: Kredibilitas, Kredibilitas Sumber, Sikap Konsumen


Keywords


Kredibilitas, Kredibilitas Sumber, Sikap Konsumen

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek : Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hovland, Carl I., Irving K.Janis, and Harold H.,Kelley 1953, “ Communication and persuasion” New Heaven, CT: Yale University Press.

Karyadi, Dadi & Triwardhani, Ike. 2015. “Komunikasi Antarpribadi dalam Promosi Asuransi”. Bandung: Prosiding Penelitian SPeSIA 2018.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Secord, P.F & Backman, C. W. 1964. Social Psycology. New York: Mc Graw Hill Book Company.

“Pengertian public figure”, https://www.kompasiana.com/arkazora/550b256a813311f017b1e42f/publik-figur-seharusnya-menjadi-figur-publik. Tanggal akses 2 Juli 2018, pk. 09.15 WIB.




Flag Counter