Hubungan Iklan Produk Ayam Spicy Mcdonalds di Televisi dengan Keputusan Minat Beli Konsumen

Dicky Nugraha, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract. Advertisement is a means of marketing communication which serves to partly or entirely attract the attention and persuade its audience to react in response to the ideas, products or services advertised through the media. Purchase intention emerges upon an alternative evaluation process meaning that one is most likely to list a series of choices regarding a product prior to purchasing, be it based on its brand and intention. This study aims to determine the relationship between McDonald’s spicy chicken TV commercial and the purchase decision of McDonald’s Bandung Indah Plaza consumers. This study is of quantitative correlational design with 60 respondents as its sample. The data were collected using Likert scale with random sampling method. The result indicates a significant positive relationship between the intensity of watching McDonald’s spicy chicken TV commercial and purchase intention. The higher the intensity of watching the TV commercial is the higher the purchase intention; likewise, the lower the intensity of watching McDonald’s spicy chicken TV commercial is the lower the purchase intention.

Keywords: McDonald’s spicy chicken TV commercial, purchase intention

 

Abstrak.Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi pemasaran yang dapat menarik perhatian dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil tindakan dalam merespon ide, barang atau jasa yang disampaikan melalui media. Minat beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklan produk ayam spicy McDonalds di televisi dengan keputusan minat beli konsumen McDonalds Bandung Indah Plaza. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan sampel 60 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert, dengan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara intensitas menonton tayangan iklan ayam spicy McDonalds dengan minat membeli. Semakin tinggi intensitas menonton tayangan iklan maka semakin tinggi pula minat membeli pada calon konsumen. Begitu pula sebaliknya semakin rendah intensitas menonton tayangan iklan ayam spicy McDonalds, maka semakin rendah pula minat membeli calon konsumen.

Kata kunci : Iklan produk ayam spicy McDonalds, minat beli


Keywords


Iklan produk ayam spicy McDonalds, minat beli

Full Text:

PDF

References


Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Edisi ketiga. Terjemahan Haris Munandar. Jakarta : Erlangga.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler dan Amstrong. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12666

Flag Counter   Â