Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Mpospay terhadap Keputusan Adopsi
Abstract
Abstract. The purpose of this research was to determine how much influence the innovation characteristics of MPOSPAY's online postal application on the postal service application user adoption decisions in Sukasari District, Bandung City. The characteristics of innovation are derived into five variables: relative advantage, compatibility, triability, and observability. The method used in this study is an explanative method using multiple linear formulas. Data collection techniques in the form of questionnaires distributed to respondents, namely postal service application users in Sukasari District, Bandung City. Respondents were determined through simple random sampling technique (SRS) with respondents totaling 144 respondents. The results of this study indicate that overall there is an influence of the characteristics of innovation on adoption decisions. There is an influence on the relative profit variable, complexity, and triability. Compatibility and observability variables have not been able to influence adoption decisions. The suggestion in this study is PT. POS INDONESIA (Persero) must maximize the relative advantage of the MPOSPAY application because the key to an innovation in the development of communication technology is the completeness of the features in the existing application content, the completeness of the information obtained by adoption, saving time and money, and facilitating postal service activities. maintaining a low level of complexity in order not to experience discontinuity, can maximize other factors such as communication channels, the need for advanced application development must maximize this in making an adoption decision on adoption decisions on MPOSPAY online postal application innovations.
Keywords: Diffusion, Innovation, Characteristic Of Innovation, Adoption Decision
Â
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik inovasi aplikasi pos online MPOSPAY terhadap keputusan adopsi pengguna aplikasi jasa pos di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Karakteristik inovasi diturunkan menjadi lima variabel yaitu keuntungan relative, kompatibilitas, triabilitas, dan observabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif dengan menggunakan rumus linier berganda. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang di sebarkan kepada responden, yaitu pengguna aplikasi jasa pos di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Responden ditentukan melalui teknik simple random sampling (srs) dengan responden berjumlah 144 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh karakteristik inovasi terhaap keputusan adopsi. Terdapat pengaruh pada variabel keuntungan relatife, kompleksitas, dan triabilitas. Pada variabel kompatibilitas dan observabilitas belum dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan adopsi. Saran dalam penelitian ini adalah PT. POS INDONESIA (persero) harus memaksimalkan unsur keuntungan relatife aplikasi MPOSPAY karena kunci dari suatu inovasi perkembangan teknologi komunikasi yaitu kelengkapan fitur pada konten aplikasi yang ada, kelengkapan informasi yang di peroleh adopsi, lebih hemat waktu dan biaya, dan mempermudah melakukan kegiatan jasa pos. mempertahankan rendahnya tingkat kompleksitas agar tidak mengalami diskontinuansi, dapat memksimalkan faktor lain seperti saluran komunikasi, kebutuhan perkebmangan aplikasi yang semakin maju harus memaksimalkan hal tersebut dalam melakukan suatu keputusan adopsi terhadap keputusan adopsi terhadap inovasi aplikasi pos online MPOSPAY.
Kata Kunci: Difusi, Inovasi, Karakteristik inovasi, Keputusan Adopsi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto,Elvinaro,.Lukiati Komala dan Siti Karlinah.2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar.Bandung:Simbiosa Rekatama Media
Azwar, Saifuddin.2005. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan “Pendekatan Terpaduâ€. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi,Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Hanafi, Abdillah. 1987. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya : Usaha Nasional
McQuail, D. 1994. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Jakarta : Erlangga
Nasution,Zulkarimen.2007.Komunikasi Pembangunan “Pengenalan Teori dan Penerapannya.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rogers, Everett.1983. Diffusion of Innovation Third Edition. New York: The Free Press
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12651
  Â