Hubungan antara Tayangan Ok Food Net Tv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Mengenai Kuliner

Muhammad Fikry Dwi Putra

Abstract


Abstract. The development of technology is something that cannot be avoided in this world that has become more modern. The advancement of technology will also move along with scientific progress. Every creativity is made for the positive advantages for human life. In this era of modernization, television mass media is like a magic box that unintentionally capable of captivating many people to willingly sit and spend the time to watch at various programs that are being shown. No matter old or young, even children spend almost all their growth stages staring at this object. It is done by OK Food program on NET TV that always  entertains and provided knowledge about culinary information. The purpose of this study is to find out whether there is a relation between OK Food program on NET TV to fulfill the student’s needs of information. The theory that used in this study is Uses and Gratification theory. This theory explains that audiences have the power to decide which media will be chosen or used to satisfy their needs. The need that being said is the need for information. Audience have an active role in interpreting and integrating media into their lives. the method used in this study is the correlational method. The overall result of this study is that OK Food program on NET TV have a relation with the fulfilment student’s needs of information about culinary.

Keywords: Television, Needs of information, Uses and Gratification theory

 

Abstrak. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari di zaman yang semakin modern ini. Kemajuan teknologi juga akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap kreatifitas diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.. Di era modern ini, media massa televisi ibarat sebuah kotak ajaib yang tanpa disadari mampu menyihir begitu banyak orang diberbagai penjuru dunia untuk bersedia duduk manis dan menghabiskan waktunya untuk menatap berbagai macam program acara yang ditayangakan. Tidak peduli tua ataupun muda, bahkan anak-anak pun hampir menghabiskan sebagian masa pertumbuhan mereka untuk menatap benda yang satu ini. Hal tersebut dilakukan oleh acara OK Food di NET TV yang selalu memberikan tontonan yang menghibur dan memberi pengetahuan tentang informasi kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tayangan OK Food NET TV dengan pemenuhan kebutuhuan informasi mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification (Teori Penggunaan dan Kepuasan). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak memiliki kekuasan untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau digunakan untuk memenuhi kebutuhannya kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan informasi. Khalayak memiliki peran aktif dalam melakukan interprestasi dan mengintegrasikan media ke dalam kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa tayangan OK Food NET TV memiliki hubungan dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa mengenai kuliner.

Kata kunci : Televisi, Pemenuhan Kebutuhan informasi, Teori Uses and Gratification


Keywords


Televisi, Pemenuhan Kebutuhan informasi, Teori Uses and Gratification

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Laksana, M. W. (2015) Psikologi Komunikasi; Membangun Komunikasi yang Efektif Dalam Interaksi Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rohim, Syaiful. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12647

Flag Counter   Â