Hubungan Electronic Word of Mouth Akun Makan Pake Receh dengan Keputusan Pembelian
Abstract
Abstract. Consumers today are increasingly selective in behaving to consume the products they need. With current technological advancements, consumers often seek information about a product online, such as through electronic word of mouth. The @makanpakereceh account is a foodblogger that often provides information about culinary products, one of which is information about products from the Kandang Ayam restaurant.The purpose of this study was to determine the relationship between electronic word of mouth makan pake receh account which consists of relevance, timeliness, accuracy, and comprehensiveness with purchasing decisions by followers on restaurant Kandang Ayam. The method used in this study is a quantitative method with Spearman rank correlation approach, which can test the relationship between two variables, namely electronic word of mouth with purchasing decisions. Sampling using random sampling. The results of this study indicate that the four elements of electronic word of mouth, namely relevance, timeliness, accuracy, and comprehensiveness are related to purchasing decisions.
Keywords: Electronic Word of Mouth, Purchasing Decisions, AIDDA
Â
Abstrak. Konsumen saat ini semakin selektif dalam berperilaku untuk mengkonsumsi produk yang dibutuhkannya. Dengan kemajuan teknologi saat ini, konsumen seringkali mencari informasi mengenai suatu produk secara online seperti melalui electronic word of mouth. Akun @makanpakereceh merupakan foodblogger yang sering memberikan informasi seputar produk kuliner, salah satunya informasi mengenai produk resto Kandang Ayam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan electronic word of mouth akun makan pake receh yang terdiri dari relevance, timeliness, accuracy, dan comprehensiveness dengan keputusan pembelian oleh followers pada resto Kandang Ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi rank spearman, yang dapat menguji hubungan antara dua variabel yaitu electronic word of mouth dengan keputusan pembelian. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat elemen dari electronic word of mouth yaitu relevance, timeliness, accuracy, dan comprehensiveness berubungan dengan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, AIDDA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Hermawan dan Iwan. 2010. Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit: Marketing 3.0. Jakarta : Erlangga
Richins & Root Shaffer, 1988) dalam Twitter Power: Tweets as Electronic Word of Mouth (Jansen, 2009)
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran hal 142.
Sumangla, Panwar. 2014. Capturing, analyzing, and managing word-of-mouth in the digital marketplace. Hershey, Pennsylvania (701 E. Chocolate Avenue, Hershey, Pa., 17033, USA) : IGI Global, [2016].
Rosyad, Udung Noor. 2011. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar†dalam Mimbar Vol. 27, No. 2, Desember 2011(hal. 213-224
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12646
  Â