Peran Brand Ambassador Japanese Station

Rachelia Aisha Linandar

Abstract


Abstract. In this globalitation era, we can’t deny the fact that Indonesian citizens has been affected by western cultures, Korean cultures or well-known as k-pop wave, and also Japanese Cultures. Therefore, several parties found an oportunities by make a news portal & community media in Indonesia for entertainment, culture, lifestyle & all about Japan. One of which is Japanese Station. This news portal have some attractive girls as their brand ambassador named, JS Navigator which cannot be found in any other news portals. The purpose of this research is to knowing about how big is JS Navigator roles as the Japanese Station ambassador. Source Credibility Theory was used on this research. This research used qualitative methods with a case study approach. To collect research data, reasearchers do structured interviews, observation, literature reviews and document reviews. The result of this research showed JS Navigator as the brand ambassador of Japanese Station have an important role to keep up Japanese Station’s progress even though as a supportive element of every website contents.

Keywords: Role, Brand Ambassador, News Portal, Credibility

 

Abstrak. Di era globalisasi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat di Indonesia terkena terpaan pengaruh dari budaya luar, seperti budaya kebarat-baratan atau western, budaya korea yang kerap disebut k-pop wave dan budaya jepang yang membuat masyarakat tidak asing dengan matsuri atau festival jepang yang  diadakan oleh beberapa komunitas. Oleh karena itu, ada beberapa pihak yang melihat peluang bahwa banyak masyarakat di Indonesia yang menyukai budaya Jepang dan membutuhkan informasi-informasi aktual akan hal yang mereka sukai, sehingga sampai saat ini banyak dijumpai portal berita yang memuat berita seputar Jepang, salah satunya Japanese Station. Website ini memiliki konten yang lengkap dimulai dari entertainment, otaku arena, lifestyle, culture, events and more, pada beberapa artikel kerap dihiasi dengan foto dari brand ambassador Japanese Station yaitu JS Navigator, yang berdandan sesuai dengan tema isi artikel. Hingga saat ini, dapat dikatakan bahwa Japanese Station adalah  satu-satunya portal berita seputar Jepang yang memiliki brand ambassador. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran JS Navigator bagi Japanese Station selama mereka menjadi brand ambassador. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Carl. L. Hovland. Metodologi penelitan yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara terstruktur, observasi, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador Japanese Station yaitu, JS Navigator berperan sebagai elemen pendukung konten-konten yang disajikan di website Japanese Station. Meskipun begitu, mereka memegang peranan penting dalam kemajuan yang Japanese Station rasakan ditiap tahunnya.

Kata Kunci: Peran, Brand Ambassador, Portal Berita, Kredibilitas


Keywords


Peran, Brand Ambassador, Portal Berita, Kredibilitas

Full Text:

PDF

References


Doucett, Elisabeth. 2008. Creating Your Library Brand. The American Library Association.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gitosudarmo, Indriyo & I Nyoman, Sudita. 1997. Perilaku Keorganisasian. Edisi Pertama. Yogyakarta: PT.BPFE.

Hovland,C.I., I.L.Janis,dan Kelley.1953.Communication and persuation. New Haven: Yale University Press

Kard, S. (1997). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12645

Flag Counter   Â