Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Dirgnatara Indonesia dalam Memasarkan Produk

Shafira Mustari Putri, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. The purpose of this research is knowing the strategy of marketing communication PT Dirgantara Indonesia in the middle of a multiple crisis conditions, efforts are being made in overcoming the constraints encountered, the concrete steps taken in maintaining the existence of the face of global competition, and the reasons why those strategies using PT. Dirgantara Indonesia.The methods of this research is qualitative method with approach case studies to dig deeply and lays out clearly about how implementation of the strategy of marketing communication PT Dirgantara Indonesia new created after the economic crisis in order to be able to survive and compete in both the domestic and international markets. Engineering data collection done by observation and in-depth interview that Court then analyzed through descriptive techniques, analysis of themes, and showing off on the results and discussion of the research.From a study conducted by researchers at the research is where researchers found that efforts made PT. Dirgantara Indonesia in maintaining the existence of facing global competition that is to focus on simple yet Act fast.

Keywords: strategy, marketing communication and PT. Dirgantara Indonesia.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memaknai strategi komunikasi pemasaran PT. Dirgantara Indonesia di tengah kondisi multi krisis, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang ditemui, langkah konkret yang ditempuh dalam mempertahankan eksistensi menghadapi persaingan global, dan alasan mengapa PTDI menggunakan strategi tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali secara mendalam dan memaparkan secara jelas tentang bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran PT. Dirgantara Indonesia yang baru dibuat setelah krisis ekonomi  agar mampu bertahan dan bersaing baik di pasar domestik maupun internasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan wawancara mendalam yang kemudian dianalisis melalui teknik deskriptif, analisis tema, dan penonjolan pada hasil dan pembahasan penelitian.Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah dimana peneliti menemukan bahwa  upaya yang dilakukan PT. Dirgantara Indonesia dalam mempertahankan eksistensi menghadapi persaingan global yaitu fokus pada yang sederhana namun bertindak cepat.

Kata kunci: strategi, komunikasi pemasaran, dan PT. Dirgantara Indonesia

Keywords


Strategi, komunikasi pemasaran dan PT. Dirgantara Indonesia

Full Text:

PDF

References


Afrizal, M.A., 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.

Creswell, J. W., 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif daN Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaslim Saladin. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung. Linda Karya.

Morissan, M.A., 2015. Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12627

Flag Counter   Â