Hubungan antara Brand Ambassador Bandung Makuta dengan Minat Calon Konsumen

Annisa Larasati, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract: This research entitled "The Relationship Between Brand Ambassadors To The Interest Of Consumer Candidates." In accordance with the title, then the issues to be raised is how the influence between credibility, visibility, attraction, power of brand ambassador affect the interest of prospective customers. Identify the problem in this research is how the relationship between brand ambassador with the interest of prospective consumers. The purpose of this study is to determine the effect of credibility, visibility, attraction, power with consumer buying interest to buy products Bandung Makuta. The method used in this research is correlation method, that is method to analyze and know the relationship between two variables (Variable X and Variable Y). Inside In the calculation will be obtained correlation coefficient, correlation coefficient is used to determine whether there is a strong relationship, the direction of the relationship, and the meaning or not the relationship. Correlational method in this research is used to test whether there is relationship between credibility, visibility, attraction, power with consumer interest. In this study, respondents selected by researchers are students of Psychology of Islamic University of Bandung as much as 64 people using random sampling technique. Based on the research, the results show a correlation between the brand ambassador Bandung Makuta with the interest of prospective customers Psychology students of Islamic University of Bandung, with a significant level of relationship.

Keywords: brand ambassador, buying interest, Bandung Makuta

 

Abstrak: Seminar ini berjudul “Hubungan Antara Brand Ambassador Terhadap Minat Calon Konsumen.†Sesuai dengan judul tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat adalah bagaimana pengaruh antara credibility, visibility, attraction, power dari brand ambassador mempengaruhi minat calon konsumen. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara brand ambassador dengan minat calon konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara credibility, visibility, attraction, power dengan minat beli konsumen untuk membeli produk Bandung Makuta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode untuk meneleiti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Di dalam Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefeisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara credibility, visibility, attraction, power dengan minat konsumen. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah mahasiswa Psikologi Univeritas Islam Bandung sebanyak 64 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan penelitian, hasilnya menunjukkan adanya korelasi hubungan antara brand ambassador Bandung Makuta dengan minat calon konsumen mahasiswa Psikologi Universitas Islam Bandung, dengan memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti.

Kata kunci : brand ambassador, minat beli, Bandung Makuta


Keywords


brand ambassador, minat beli, Bandung Makuta

Full Text:

PDF

References


Arifin, Ria. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermart di Kota Bandung.“ (hal 8)

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Lengkey, Lenny Meyrin Evelyn. 2014. “ Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado“, dalam Jurnal Acta Diurna Vol. 3, No. 3, 2014. (hal 2-4)

Royan, Frans M. 2005. Marketing Celebrities. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rosyad, Udung Noor. 2011. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar:, dalam jurnal mimbar Vol. XXVII, No. 2 (hal 215)

Shimp Terence A. 2003. Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12419

Flag Counter   Â