Bauran Pemasaran Restoran Babakaran Buahbatu

Nada Annisa Nastiti, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. With the development of the global, the city of Bandung became one of the city with a lot of destinations visited by tourists because of the many places of recreation, culinary, shopping places with friendly prices. No wonder if the culinary in the city of Bandung, commonly called Bandung Paris Van Java became an icon for the culinary hunters who are outside the city.One of them is Babakaran Buahbatu Restaurant which has been established from 3 years ago and still standing even in the year 2016 also in Bandung there have been 396 Restaurant which also become their competitor.Using qualitative research methods and case study approaches, the data collection process was conducted using in-depth interview techniques on several informants. Researchers began researching the implementation of the marketing mix, consisting of 4P (product, price, place, promotion), and the researchers found problems in the location layout of Babakaran Buahbatu Restaurant that the problem could be solved with the use of social media instagram.Keywords: Marketing Communications, Marketing Mix, Babakaran Buahbatu Restaurant

 

Abstrak. Dengan adanya perkembangan global, kota Bandung menjadi salah satu kota dengan destinasi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena banyak sekali tempat rekreasi, kuliner, tempat pembelanjaan dengan harga yang bersahabat. Tak heran jika kuliner di kota Bandung yang biasa disebut Bandung Paris Van Java menjadi ikon bagi para pemburu kuliner yang berada di luar kota. Salah satunya adalah Restoran Babakaran yang sudah didirikan dari 3 tahun yang lalu dan tetap berdiri walaupun pada tahun 2016 pun di kota Bandung sudah terdapat 396 Restoran yang juga menjadi kompetitor mereka.Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus, proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap beberapa informan. Peneliti meneliti dimulai dari implementasi bauran pemasaran, yang terdiri dari 4P (product, price, place, promotion), dan peneliti menemukan permasalahan pada tata letak lokasi Restoran Babakaran Buahbatu yang permasalahannya dapat diselesaikan dengan penggunaan media sosial instagram.Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Restoran Babakaran Buahbatu

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Restoran Babakaran Buahbatu

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Berger. Arthur Asa 2000. Media Analysis Technique. Second edition. Alih Bahasa Setio Budi HH. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya

Dharmesta, B. S., dan T. H. Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Fandy Tjiptono 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta : Andi Offset

Kotler. Phillip dan Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Junia, Meri dan Udung Noor Rosyad. 2015. Kajian Hubungan Antara Iklan Di Media Sosial Dengan Minat Beli.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12417

Flag Counter   Â