Makna Personal Branding Selebgram Di Media Sosial Instagram

Annisa Audina, Anne Maryani

Abstract


Abstract.  Technological advances in the field of communication provide many influences in human life. The convenience offered by various forms of modern communication tools provides extraordinary influence in human life. Some individuals begin to utlize modern communication tools to show their exstence in the wider community. Other of them is by using Instagram social media as a tool for reviewing or building personal branding. The research focuses on the personal meaning of the celebrity branding namely Chepy Nugraha and Destri Nurhayati in their personal account. The purpose of this study is to find out self-assessment conducted by both in forming personal branding, the goals that will be achieved in carrying out personal branding through Instagram social media and the last is the characteristic that makes personal branding more obvius. This research uses qualitative research method with phenomenological approach with interview, observation, and literature study techniques. The research subject in this study is the owner of the @chepybennington Instagram account belonging to Chepy Nugraha and @destrinh belongs to Destri Nurhayati. The result of the research on the meaning of personal branding as a salt on Instagram sosial media shows that a celebrity must know his personality. Like what you want other Instagram users to like, what their personal self-assessment is like. Know exactly the goals he wants to achieve in forming personal branding through Instagram social media. And plan for certain things that will make it different from other people.

Keywords: Personal Branding, Technology Advances, Social Media, Instagram

 

Abstrak. Kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi memberikan banyak pengaruh dalam kehidapan manusia. Kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai macam bentuk alat komunikasi modern memberikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Beberapa individu mulai memanfaatkan alat komunikasi modern untuk menunjukan eksistensinya di masyarakat luas. Salah satunya adalah dengan penggunaan media sosial instagram sebagai alat untuk membentuk atau membangun personal branding. Penelitian ini memfokuskan pada makna personal branding selebgram yakni Chepy Nugraha dan Destri Nurhayati dalam akun instagram pribadi milik keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian diri yang dilakukan oleh keduanya dalam membentuk personal branding, tujaun yang akan dicapai dalam melakukan personal branding melalui media sosial instagram, dan yang terakhir adalah ciri khas yang menjadikan personal branding menjadi lebih kentara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pemilik akun instagram @chepybennington milik Chepy Nugraha dan akun instagram @destrinh milik Destri Nurhayati. Hasil penelitian dari makna personal branding selebgram di media sosial instagram ini menunjukan bahwa seorang selebgram yang membangun personal branding-nya melalui instagram harus lebih dulu mengenal pribadinya. Seperti apa ia ingin dinilai oleh pengguna instagram lainnya, seperti apa penilain diri terhadap pribadinya sendiri. Mengetahui dengan pasti tujuan yang ingin dicapainya dalam membentuk personal branding melalui media sosial instagram. Dan merencanakan secara pasti hal-hal yang akan menjadikannya pribadi yang berbeda dari selebgram lainnya.

Kata Kunci : Personal Branding, Kemajuan Teknologi, Media Sosial, Instagram

Keywords


Personal Branding, Kemajuan Teknologi, Media Sosial, Instagram

Full Text:

PDF

References


Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: PT Gramedia.

Ibrahim, Subandy., & Iriantara, Yosal. 2017. Komunikasi yang Mengubah Dunia : Revolusi Dari Aksara Hingga Media Sosial. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management, Thirteenth Edition. Penerjemah Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Nicolino, Patricia F. 2007. The Complete Ideal’s Guide: Brand Management. Cetakan ke-2. Penerjemah Sugiri. Jakarta: Prenada.

Riyanto, Setyo., Wijaya, Husin., & Soerojo, Dimas. 2016. Selling Yourself: Menang Bersaing di Era MEA. Bandung: Mizan Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12395

Flag Counter   Â