Perencanaan Komunikasi dalam Event Media Pertunjukan Rakyat oleh Diskominfo Jawa Barat

Nita Suci Djulyantie, O Hasbiansyah

Abstract


Abstract : The number of communities that lack essential information, let alone on this multitude of information that is known to be the source that is often unsettling society. Thus, the Diskominfo of West Java to make folk performances media event with the aim to disseminate information through the media folk performances were held in the existing cities in West Java. To implement the event media folk performances is not easy. In the event of them being designed within an agency certainly are discussing planning excellent communication. Purpose of the research conducted by its current status is  to know the communications planning process conducted in West Java Diskominfo media events, folk performances, to know the steps of marketing communication done Diskominfo in West Java in folk performances  media events ", and for the use of communications planning steps made by Diskominfo in West Java in the event the media folk performances. The method chosen for conducting research on the planning of communication this qualitative method is choosing its current status. This kind of research is more emphasized to unearth the meaning of stored on a social phenomenon. So then this type of research can provide the in-depth results because the data obtained are open. This strategy is used in this research is a study in the case because this phenomenon occurs within the time limit certain acupuncture and its current status is emphasised in the process. This research uses qualitative metodogi itself due to discuss planning in the event the media folk performances are not yet well known. From research conducted by its current status is on this study is them is its current status is found that planning of communication in the event of media folk performances liquid lies to do planning, although There are a few technical obstacles encountered as well as some of the constraints that are happening in the communications planning process but Diskominfo Java Baratdapat through it, is a unique communication planning is done by the Diskominfo of West Java This is the submission of information through the media folk performances.

Keywords : Communication Planning, Communication Strategy, Event

 

Abstrak : Masih banyaknya masyarakat  yang sangat kekurangan informasi, apalagi pada ini banyaknya informasi yang yang diketahui sumbernya yang sering kali meresahkan masyarakat. Maka dari itu, Diskominfo Jawa Barat membuat event media pertunjukan rakyat dengan tujuan untuk menyebarkan infomasi melalui media pertunjukan rakyat yang dilaksanakan di kota-kota yang ada di Jawa Barat. Untuk melaksanakan event media pertunjukan rakyat tidaklah mudah. Dimana dalam event tersebut dirancang dalam suatu instansi pasti melewati sebuah perencanaan komunikasi yang baik. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui proses perencanaan komunikasi yang dilakukan Diskominfo Jawa Barat dalam event media pertunjukan rakyat, untuk mengetahui langkah-langkah komunikasi pemasaran yang dilakukan Diskominfo Jawa Barat dalam event media pertunjukan rakyatâ€, dan untuk alasan digunakannya langkah-langkah perencanaan komunikasi yang dibuat oleh Diskominfo Jawa Barat dalam event media pertunjukan rakyat. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai perencanaan komunikasi ini peneliti memilih metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Penelitian ini sendiri menggunakan metodogi kualitatif karena sebuah perencanaan dalam event media pertunjukan rakyat belum banyak diketahui. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah dimana peneliti menemukan bahwa perencanaan komunikasi dalam event media pertunjukan rakyat merupakan perencanaan yang startegis untuk dilakukan, walaupun ada beberapa hambatan teknis yang ditemui serta beberapa kendala yang terjadi dalam proses perencanaan komunikasi namun Diskominfo Jawa Baratdapat melewatinya, yang unik adalah dimana perencanaan komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Jawa Barat ini adalah penyampaian informasinya melalui media pertunjukan rakyat.

Kata Kunci : Perencanaan Komunikasi, Komunikasi Strategi, Event


Keywords


Perencanaan Komunikasi, Komunikasi Strategi, Event

Full Text:

PDF

References


Any, Noor. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta

Cangara, Hafied, 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada,. Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12330

Flag Counter   Â