Kampanye Suporter Sepak Bola Indonesia di Media Sosial
Abstract
Abstract. The appearance of social media causes the dissemination of information become faster and wider. Social media can also be a medium to carry out the campaign. One of the campaign on social media is a “peace campaignâ€, initiated by Persib and Persija’s supporters. This research describes the peace campaign conducted by @bobotoh_jakmania’s account on Instagram. That is about how the campaigners, the message, channel selection and campaign audiences. The descriptive method in this study is used to test the problems that occur in conveying the message of peace between Vikings and The Jakmania. The number of samples in this research are 100 respondents which is a followes of @bobotoh_jakmania’s intagram account, who were taken using a systematic random sampling. The resut showed that the peace campaign on @bobotoh_jakmania’s intagram account is accordance with the wishes of audiences. Campaigners can convey messages effectively to audiences through the right media.
Keywords: Campaign, Social Media, Bobotoh, The Jakmania, Peace
Â
Abstrak. Kehadiran media sosial menyebabkan penyebaran informasi semakin cepat dan luas. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi media untuk melaksanakan kampanye. Salah satunya kampanye perdamaian yang dilakukan suporter sepakbola di Indonesia, yaitu suporter Persib dan Persija. Penelitian ini menjabarkan mengenai kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania di media sosial instagram. Yaitu mengenai bagaimana pelaku kampanye, penyampaian pesan, serta pemilihan saluran dan khalayak kampanye. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah masalah-masalah yang terjadi dalam menyampaikan pesan perdamaian diantara Viking dan The Jakmania, Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden, yaitu followers dari akun @bobotoh_jakmania yang diambil menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania ini sesuai dengan yang diinginkan khalayak. Pelaku kampanye dapat menyampaikan pesan dengan efektif kepada khalayak melalui media yang tepat.
Kata Kunci : Kampanye, Media Sosial, Bobotoh, The Jakmania, PerdamaianÂ
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta Media Kita
Cangara. Hafied. 2010 Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. PT.Citra Aditya Bakti.
Flew, Terry. 2002. New Media: An Introduction. UK: Oxford University Press
Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Winkel. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jurnal :
Cahyono, Sugeng A. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial
Masyarakat Di Indonesia.
Putro, Aditiyo D. Kampanye Sosial Membangun Kesadaran Beretika Komunikasi
Di Sosial Media Pada Masyarakat Dewasa Dini Di Bandung.
Watie, Errika. The Messenger, Volume III, Nomor 1. Edisi Juli 2011
Kurnia, Novi. MediaTor, Vol. 6=2 (Perkembangan Teknologi Komunikasi dan
Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi)
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11870
  Â