Hubungan antara Komunikasi Antar Pribadi Pemimpin dan Karyawan J.Co Donuts & Coffee dengan Peningkatan Kinerja Karyawan
Abstract
Abstract. This study aims to determine the relationship between Interpersonal Communication Leaders and Employees J.Co Donuts & Coffee with Employee Performance Improvement. This type of research is correlational. The population in this study is the leader and all employees of J.Co Donuts & Coffee Asia Plaza Sumedang branch, amounting to 13 people with a sample of 13 people taken with probability sampling technique, saturated sampling. Data collection of interpersonal communication variables and employee performance variables using questionnaires compiled based on Likert Scale that has been tested the validity and reliability with research trials of employees J.Co Donuts & Coffee branch Asia Plaza Sumedang. The results showed that the relationship between leader and employee interpersonal communication in general has a strong relationship with the value of correlation coefficient ranges of 0.60 to 0.799 with significance value a (0.05)
Keywords : Communication Interpersonal, Leader, Employee Performance
ÂAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Komunikasi Antarpribadi Pemimpin dan Karyawan J.Co Donuts & Coffee dengan Peningkatan Kinerja Karyawan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pemimpin dan seluruh karyawan J.Co Donuts & Coffee cabang Asia Plaza Sumedang yang berjumlah 13 orang dengan jumlah sampel 13 orang yang diambil dengan teknik probability sampling, sampling jenuh. Pengumpulan data variabel komunikasi antarpribadi dan variabel kinerja karyawan menggunakan angket yang disusun berdasarkan Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dengan uji coba penelitian terhadap karyawan J.Co Donuts & Coffee cabang Asia Plaza Sumedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan komunikasi antarpribadi pemimpin dan karyawan secara umum memiliki hubungan yang kuat dengan nilai rentang koefisien korelasi sebesar 0,60 – 0,799 dengan nilai signifikansinya a (0,05)
Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi, Pemimpin, Kinerja Karyawan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, Onong U. (2003) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budyatna, Muhammad. (2015) Teori-teori Mengenai Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Novitasari, Resti Nurul dan Triwardhani, Ike Junita (2016) Komunikasi Antarpribadi antara Manajer dengan Konsultan Tim Agen Pemasar Tupperware. Universitas Islam Bandung. Bandung
Bryan Johannes Tampi. (2014) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado). Journal “Acta Diurna†Volume III. No.4.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11688
  Â